Hari Pramuka, Ketua Kwarcab Jeneponto Sampaikan Laporan Tahunan

Terkini.id, Jeneponto – Di hari Pramuka ke-59 tahun 2020, Ketua pelaksan harian Kwartir cabang Jeneponto, Nur Alam Basir menyampaikan laporan tahunan.

Laporan tahunan Kwartir cabang gerakan Pramuka Jeneponto disampaikan sebelum pelaksanaan upacara peringatan hari Pramuka ke-59 di ruang Pola Panrannuangta Kantor Bupati Jeneponto, Jumat, 14 Agustus 2020.

Dihadapan Bupati dan wakil Bupati Jeneponto, Nur Alam Basir menyampaikan, progres kegiatan yang telah dilaksanakan dan perencanaan kegiatan Kwarcab Gerakan Pramuka Jeneponto.

Baca Juga: Ini Harapan Bupati Jeneponto di Hari Pramuka ke 59 Tahun...

“Keglatan yang telah dilaksanakan yakni, kursus pembina mahir Pramuka golongan Penggalang dan Penegak ( KMD), kursus pengelola satuan karya, Rmrapat kerja daerah, untuk kegiatan peserta didik yang telah dilaksanakan, kegiatan perkemahan satuan karya Kalpataru dan Wanabakti tingkat Nasional,” kata Nur Alam Basir.

Selain itu kata Nur Alam Basir, Gerakan Pramuka Jeneponto juga telah mengikuti rapat daerah dan LPK jenjang ll.

“Selama Pandemi Covid-19, Kwarcab Jeneponto telah turut serta dalam kegiatan sosialisasi tentang pelaksanaan Protap Kesehatan serta penanggulangan bencana di Kecamatan rumbia dan Masamba Kabupaten Luwu Timur,” ungkap Nur Alam Basir.

Ketua harian Kwarcab Jeneponto Periode 2018 – 2023 itu juga menyampaikan prestasi yang di capai oleh Anggota Pramuka Kwarcab Jeneponto.

“Prestasi yang dicapai yakni, 3 orang pelatih mendapat penghargaan Darma Bakti dari Kwartir Nasional. Prestasi peserta didik, Juara 1 kursus instruktur muda (KIM) tingkat Sulsel, juara Pengelola Dewan Kerja (KPDK) tingkat Sulsel dan 2 anggota Pramuka mendapat penghargaan Bina Baku darl Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,” terangnya.

Sedangkan Kwarcab gerakan Pramuka Jeneponto merencanakan sejumlah kegiatan selanjutnya.

” Kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu, rapat kerja cabang, Kursus Mahir tingkat Lanjutan ( KML ), kursus pengelola dewan kerja ( KPDK), pencapaian Pramuka Garuda bagi Peserta didik, mengikuti kegiatan partisipatif yang dilaksanakan oleh Kwarda dan Kwarnas,” jelasnya.

Untuk mewujudkan rencana kegiatan tersebut, Nur Alam Basir, mengajak semua stakeholder untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas Pengatahuan . keterampilan dan pengalaman melalul kegiatan Pendidikan Kepramukaan.

“Seperti yang tercantum dalam visi dan misi, Gerakan Pramuka sebagai wadah pillhan utama dan solusi handal bagi kaum muda dalam menghadapi perkembangan teknoiogi yang semakin cepat,” pungkas Nur Alam Basir.

Nur Alam Basir menambahkan, program Kwarcab akan di singkrongkan dengan beberapa program Pemerintah Kabupaten Jeneponto, sehingga keberadaan Gerakan Pramuka di Kabupaten ini benar-benar dirasakan eksistensinya.

“Terutama program di bidang Pendidikan dan Kepemudaan. Program Kerja Tahunan Kwarcab Jeneponto akan menjadi Pedoman Bagi setiap Kwartir Ranting dan gugus depan dalam menyusun program Kegiatannya,” tutup Nur Alam Basir.

Bagikan