Tim Hisab Rukyat Tentukan Arah Kiblat Masjid Babussalam Paranga
Komentar

Tim Hisab Rukyat Tentukan Arah Kiblat Masjid Babussalam Paranga

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto H. Saharuddin gandeng tim hisab rukyat dalam rangka mengukur arah kiblat pembangunan Masjid Babussalam Paranga, Desa Lentu, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto.

“Tim hisab rukyat yang di ketuai Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Jeneponto H. Hairuddin bersama dengan penyelenggara Syariah, telah melakukan pengukuran dan menentukan arah kiblat,” kata Kakan Kemenag Jeneponto, H. Saharuddin, Jumat, 21 Agustus 2020.

Sementara panitia pembangunan masjid, Nur Alam Basyir mengungkapkan rasa terima kasih kepada tim hisab rukyat kantor Kemenag Jeneponto yang telah turun langsung untuk menentukan arah kiblat masjid yang akan di bangun.

“Alhamdulillah, tentunya dengan ditentukannya arah kiblat pembangunan masjid Babussalam Paranga sudah dapat dilaksanakan, dan kami tidak ragu lagi terkait arah kiblatnya,” jelas Nur Alam Basyir.

Menurutnya, pembangunan masjid Babussalam Paranga diinisiasi oleh oleh tokoh masyarakat Dusun Paranga Desa Lentu Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto.

“Dananya dari swadaya masyarakat Dusun Paranga Desa Lentu, yang diinisiasi oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama serta keluarga besar Paranga,” tutup Nur Akan Basyir.

Proses pengukuran pun berlangsung sekitar satu jam lebih. Tim Kemenag Jeneponto menggunakan alat ukur Kiblat Trecker dan dipadukan dengan sun kompas.