Pemkab Jeneponto Bakal Gelar Aksi Sosial World Cleanup Day

Terkini.id, Jeneponto – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto melalui Dinas Lingkungan Hidup akan menggelar aksi sosial dengan mengajak masyarakat untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi yang bertujuan untuk mengurangi masalah limbah padat dan sampah.

Aksi sosial itu akan digelar dalam rangka Hari Bersih-bersih Sedunia (World Cleanup Day) yang berlangsung selama tiga hari.

Rencana pelaksanaan kegiatan tersebut dibahas dalam Coffee Morning Pemkab Jeneponto yang di ruang Pola Panrannuangta Kantor Bupati Jeneponto, Senin, 7 September 2020.

Baca Juga: Ahli Waris Tanaga Honorer Pemkab Jeneponto Terima Santunan dari BPJS...

Coffee Morning dipimpin oleh Sekda Jeneponto Syafruddin Nurdin dan dihadiri Bupati Iksan Iskandar, Wakil Bupati Paris Yasir, unsur Forkopimda, semua Kepala OPD dan para kepala Kecamatan.

Pada kesempatan itu, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, dalam arahannya menegaskan agar kegiatan itu dapat dilaksanakan dengan sinergitas dengan semua pihak.

Baca Juga: Bergerak Cepat Antisipasi PMK, Pemkab Jeneponto Gelar Rapat Koordinasi

“Saya menegaskan, kepada semua pejabat OPD dan ASN Pemkab Jeneponto agar tidak ada yang keluar daerah pada hari Jumat hingga Minggu, 18-20 September 2020,” tegas Iksan Iskandar.

Selain itu, Iksan Iskandar juga menegaskan kepada OPD untuk tidak melakukan pelayanan di kantor pada hari Jumat, 18 September 2020,” tidak ada pelayanan di kantor pada pelaksanaan kegiatan itu,” terang Iksan Iskandar.

Iksan Iskandar juga meminta kepada Kadis Lingkungan Hidup untuk menyiapkan semua yang dibutuhkan, terutama bibit pohon yang akan di tanam.

Baca Juga: Bergerak Cepat Antisipasi PMK, Pemkab Jeneponto Gelar Rapat Koordinasi

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup, M Basuki Baharudin dalam laporannya menyampaikan, World Cleanup Day adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat komunitas beberapa negara untuk membersihkan planet bumi dari sampah.

“Tujuannya untuk menyatukan mensinergikan pemerintah dalam komunitas global akan masuk neraka serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan perubahan dalam mewujudkan aksi untuk bumi yang bersih dan sehat dari permasalahan sampah,” jelas Basuki Baharuddin.

Dalam pelaksanaan kegiatan itu, menurut, mantan Camat Binamu itu, mengangkat tema bersatu untuk Indonesia bersih dan pelaksanaannya pada hari Jumat hingga Minggu, 18 sampai 20 September 2020.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka World Cleanup Day meliputi aksi bersih-bersih pantai, pila sampah dari rumah, diskusi, talkshow lingkungan, penanaman pohon, lomba kreativitas cinta lingkungan,” ungkap Basuki Baharuddin.

Bagikan