Dinkes Jeneponto Terus Bekali Kader dan Tenaga Gizi Untuk Percepatan Penurunan Stunting

Terkini.id, Jeneponto – Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto melalui Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) menggelar Pelatihan Komunikasi Perubahan Perilaku, PMBA, tatalaksana gizi buruk dan penggerakan masyarakat di Hotel Binamu, j Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Jeneponto, Kamis, 17 September 2020.

Pelatihan yang dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Jeneponto, Syusanty A Mansyur, melibatkan 40 peserta dari 4 Puskesmas Lokus, tenaga gizi dengan menghadirkan pemateri dari Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi Selatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Jeneponto Syusanti Mansyur dalam sambutanya mengatakan, Masalah gizi yang menjadi perhatian utama dunia saat ini adalah anak balita pendek (Stunting). Anak balita stunting tidak disebabkan oleh keturunan tetapi umumnya oleh kekurangan gisi dan mengalami sakit dalam waktu relatif lama.

Baca Juga: LPPTKA – BKPRMI Bersama Bagian Kesra Setda Jeneponto Wisuda 1.539...

“Upaya peningkatan status gizi masyarakat tidak hanya cukup dengan meningkatkan perluasan jangkauan pelayanan saja, tetapi dibarengi dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat khusunya kader sebagai ujung tombak pelayanan,” kata Syusanty Mansyur.

Menurutnya, upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader dalam membantu penanggulang masalah gizi melalui pelatihan komunikasi perubahan perilaku, PMB, Tatalaksana Gisi Buruk dan Penggerebekan Masyarakat.

Baca Juga: DPD GTKHNK Jeneponto Minta Presiden Keluarkan Kepres Jaminan Menjadi PNS

“Pelatihan ini bertujuan agar para kader mampu menggatasi secara mandiri dalam menagani masalah gizi,” jelas Syusanty.

Sementara, Kepala bidang Kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Jeneponto Kamal menyampaikan kegiatan pelatihan komunikasi perceparan penurunan stunting melalui intervensi gizi spesifik.

“Melalui pelatihan ini kita harapkan agar para kader dapat lebih memahami penanganan maslaha gizi, sehingga dapat mewujudkan percepatan penurunan Stunting,” ungkap Kamal.

Baca Juga: DPD GTKHNK Jeneponto Minta Presiden Keluarkan Kepres Jaminan Menjadi PNS

Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol Kesehatan, seperti Pakai Masker dan Jaga jarak.

Bagikan