Pemkab Jeneponto Bersama PT Pupuk Kaltim Helat Penanaman Padi Perdana
Komentar

Pemkab Jeneponto Bersama PT Pupuk Kaltim Helat Penanaman Padi Perdana

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Pemerintah Kabupaten Jeneponto bekerja sama dengan PT Pupuk Kaltim menggelar penanaman perdana padi program Agro Solution.

Penanaman padi agro solution yang dihadiri Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir dilaksanakan di Desa Kalumpangloe, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto, Selasa 15 Desember 2020.

Hadir juga perwakilan Direktur PT Pupuk Kaltim, Kepala Dinas Pertanian yang di wakili Kabid penyuluhan, Camat Arungkeke  dan Kepala Desa Kalumpangloe.

Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir dalam sambutannya menyampaikan, penanaman pada perdana itu dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Jeneponto dengan  PT Pupuk Kaltim.

“Atas nama masyarakat dan pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Bapak direktur PT Pupuk Kaltim bersama seluruh rombongan atas inisiasi program ini dan semoga dengan momentum ini menjadi awal yang baik bagi para petani di daerah Jeneponto untuk memulai penanaman perdana komuditas padi,” kata Paris Yasir.

Baca Juga

Paris mengajak untuk bermunajat kepada Alla SWT, semoga curah hujan musim tanam tahun ini dapat berlangsung dengan baik sehingga kebutuhan terhadap air bagi tanaman padi dan komunitas lainnya dapat tercukupi dan produktivitas padi lebih meningkat dari musim tanam sebelumnya

“Daerah Jeneponto terdapat luas lahan tanam untuk lahan sawah sekitar rp25.000 996 hekto are dengan realisasi tanam padi hingga bulan Juli adalah 25.525 hektar dengan produksi gabah kering 1161.1343,05 ton dan beras 101.226,63 ton,” ungkapnya.

Menurutnya, banyak hal yang perlu terus dilakukan untuk lebih meningkatkan produktivitas berbagai jenis pertanian, khususnya dukungan Pupuk bersubsidi dan sarana prasarana lainnya karena itu dengan adanya agro solution ini bersama PT Pupuk Kaltim dirinya berharap kebutuhan para petani mendapat dukungan dan dapat terpenuhi dengan baik

“Bantuan benih padi dan jagung juga agar dapat pula dipenuhi banyak bantuan jenis Alsintan, seperti pompa air dryer jagung yang masih terbatas, hand traktor dan kebutuhan lainnya yang belum mencukupi, namun kita optimis bahwa di musim tanam ini insya Allah produktivitas padi dan jenis tanaman lainnya akan lebih baik dan meningkat sehingga kebutuhan pangan bagi masyarakat cukup tersedia apalagi di tengah pandemi covid ini,” ujarnya.

Paris Yasir juga berharap melalui program agro solutions itu dengan dukungan  PT Pupuk Kaltim akan dapat menyumbang kebutuhan pangan secara nasional.

“kami sangat berterima kasih atas pelaksanaan program ini semoga Allah subhanahu Wa ta’ala senantiasa melimpahkan berkah dan perlindungannya kita semua sehingga usaha kita dalam pertanian dapat diberkahi oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” tutup Paris Yasir.