Bupati Jeneponto Resmikan Taman Macanga Ri Bontoramba

Bupati Jeneponto Resmikan Taman Macanga Ri Bontoramba
Bupati Jeneponto Resmikan Taman Macanga Ri Bontoramba

Terkini.id, Jeneponto – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar meresmikan patung Macanga di Kecamatan Bontoramba, Kamis, 11 Februari 2021 yang merupakan patung bersejarah Bontoramba-Binamu.

Hadir dalam peresmian itu, Ketua TP PKK Jeneponto, Hj Hamsiah Iksan,  beberapa anggota DPRD, Kepala OPD, Kabag, Kabid, beberapa Camat dan seluruh Kepala Kelurahan dan Desa Se Kecamatan Binamu.

Bupati Jeneponto Resmikan Taman Macanga Ri Bontoramba

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dalam sambutannya mengapresiasi Kepala Kecamatan Bontoramba dan tokoh masyarakat atas inovasinya membuat taman dan patung Macanga Ri Bontoramba.

Bupati Jeneponto Resmikan Taman Macanga Ri Bontoramba

“Saya selaku Pemerintah Kabupaten Jeneponto menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas kinerja Pak Camat Bontoramba yang bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat Bontoramba yang mampu berdedikasi untuk membuat taman dan Patung yang mencerminkan sejarah peradaban Bontoramba- Binamu,” jelas Iksan Iskandar.

Sementara Kepala Kecamatan Bontoramba, Nur Lewa Sa’ad mengatakan, Kecamatan Bontoramba bukan hanya sekedar ruangan spesial dalam peta geografi, namun lebih jauh dari itu Bontoramba adalah wilayah dan peradaban bersejarah pusat kerajaan Binamu pada masa lalu serta kejayaan masyarakat yang menggambarkan kekayaan nilai budaya nilai perjuangan, cara berpikir, cara hidup dalam bergaul yang menginspirasi berdiri dan terbentuknya suatu wilayah yang kita sebut Jeneponto.

Bupati Jeneponto Resmikan Taman Macanga Ri Bontoramba

Menarik untuk Anda:

“Taman bacaan masyarakat memorial Macanga Ri  Bontoramba dibangun bukan hanya sekedar ruang publik atau ruang terbuka hijau, tetapi juga dibangun atas dasar pertemuan angan, mimpi, fisik dan keinginan para camat sebelum kami, dengan keyakinan para tokoh masyarakat untuk membangun tentang tradisi dan narasi yang monumental yang dikenal Macanga Ri Bontoramba,” kata Nur Lewa.

Menurutnya, Macanga Ri Bontoramba tidak sekedar sebuah jejak, tetapi juga membentuk budaya dari sebuah momentum sejarah Bontoramba Binamu, layaknya kitab sejarah yang mengisahkan bahwa Bontoramba adalah tanah nan elok yang melahirkan generasi penggerak peradaban.

Bupati Jeneponto Resmikan Taman Macanga Ri Bontoramba

“Di tanah ini lahir dan besar serta bertemunya para tubarani kesatria dan cendekiawan yang membentuk karakter kuat dan tangguh masyarakat Butta Turatea sampai saat ini,” ungkap Nur Lewa.

Lebih lanjut, Nur Lewa mengatakan, Macanga Ri Bontoramba adalah entitas keberanian, kecerdasan, ketegasan dan kebijaksanaan masyarakat rakyat Bontoramba yang disematkan kepada raja ke 13 pada tahun 1911-1921.

Taman Baca Macangan RI Bontoramba

“Pembangunan taman Macanga Ri Bontoramba ini berawal dari mimpi para tokoh masyarakat Bontoramba dan dengan keyakinan, keikhlasan para tokoh dan masyarakat Bontoramba Jeneponto untuk mewujudkan visi masa depan yang tertuang pada poster Patung Macangan,” tutup Nur Lewa.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Musda Ke-II KAHMI Jeneponto, Bupati dan Sekda Terpilih Presidium

Ketua Presidium KAHMI Sulsel Isyaratkan Iksan Iskandar Untuk Maju Calon Legislatif DPR RI

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar