Ketua TP PKK Jenepoonto Hadiri Peringatan Hari Posyandu Nasional dan TB yang Diinisiasi LMT

Terkini.id, Jeneponto – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Hj Hamsiah Iksan yang didampingi Direktur Eksekutif Lembaga Mitra Turatea, Abdul Rachmad, bersama beberapa pejabat lingkup Pemda Kabupaten Jeneponto, diantaranya Kadis Kesehatan, para Kepala Puskesmas, Camat dan kepala Desa hadiri semarak Peringatan Hari Posyandu Nasional dan peringatan Hari Tuberkulosis (TB)   tingkat Kabupaten Jeneponto.

Kabag Protpim Setda Kabupaten Jeneponto

Kegiatan yang di inisiasi Lembaga Mitra Turatea selaku Sub-Sub Recipient Program Penanggulangan Tuberkulosis tingkat Kabupaten Jeneponto di Support oleh Yayasan Peduli Tuberkulosis Sulawesi Selatan (YAMALI) dan STPI- Penabulu Foundation Indonesia dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto. 

Kegiatan ini dipusatkan di Posyandu Kasih Bunda Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Kamis, 29 April 2021.

Baca Juga: Ketua Fraksi PAN DPRD Sulsel Sosialisasi Perda Tentang Fasilitas Percepatan...

 Ketua TP PKK Kavupaten Jeneponto, Hj Hamsiah Iksan dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh lembaga Mitra Turatea.

Ketua TP PKK Jenepoonto Hadiri Peringatan Hari Posyandu Nasional dan TB yang Diinisiasi LMT

“Saya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Lembaga Mitra Turatea yang telah menginisiasi kegiatan ini, dan insya Allah kami siap bersinergi dalam program dan kegiatan yang difasilitasi oleh Lembaga Mitra Turatea kedepan, khususnya dalam upaya penanggulangan penyakit TBC menuju eliminasi TB 2030 di Kabupaten Jeneponto,” kata Hj Hamsiah Iksan.

Kepala BPBD Kabupaten Jeneponto, Ikrar Iskandar

Baca Juga: Hadiri Closing Ceremony PKP, Bupati Jeneponto Harap Tercipta Calon Pemimpin...

Tanggal 29 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Posyandu Nasional. Posyandu menjadi salah satu bentuk Upaya Kesehatan Beraumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat agar bisa memberikan pelayanan kesehatan dasar dan perbaikan gizi masyarakat.

Ketua TP PKK Jenepoonto Hadiri Peringatan Hari Posyandu Nasional dan TB yang Diinisiasi LMT

 Menurutnya, Posyandu merupakan garda terdepan sebagai wadah pelayanan kesehatan di tengah masyarakat dan dapat membantu dalam sosialisasi dan edukasi terkait Covid-19 bersama para pertugas medis.

 “Dimasa pandemi pelayanan posyandu menyesuaikan kebijakan daerah dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan yang berlaku. Pengurus dan kader posyandu bisa melakukan pemantauan dan melaporkan kondisi masyarakat yang terdampak kepada petugas yang berwenang di lingkungan setempat untuk proses tindak lanjut,” terang Hj Hamsiah Iksan.

Ketua TP PKK Jenepoonto Hadiri Peringatan Hari Posyandu Nasional dan TB yang Diinisiasi LMT

Baca Juga: Kadinkes Jeneponto Hadiri Rembuk Stunting Desa Pappaluang Bangkala Barat, Intip...

Sementara, Dinas Kesehatan Syusanty, sangat menyambut baik atas inisiasi kegiatan ini sebagai sebuah inovasi dan kolaborasi yang baik antara Pemerintah dgn Organisasi Masyrkt Sipil (OMS) di Kabupaten Jeneponto,”Kami siap mensupport kedepan program ini,” pungkas Syusanty.

Ketua TP PKK Jenepoonto Hadiri Peringatan Hari Posyandu Nasional dan TB yang Diinisiasi LMT

Dalam moment peringatan hari Posyandu nasional dirangkaikan dengan pemberian apresiasi kepada para Kader Posyandu  dan Kader TB perwakilan seluruh Kecamatan dengan kategori terbaik 1 sampai 5 serta Kategori Kader Motivator Terbaik 1,2 dan 3, serta pemberian makanan tambahan yang dipimpin langsung oleh Ibu Bupati Kabupaten Jeneponto.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto
Bagikan