UMKM Penggerak Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 di Jeneponto

Terkini.id, Jeneponto – Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di masa pandemi covid 19 menjadi salah satu penggerak ekonomi secara mikro dan makro di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan di saat sebahagiaan negara mengalami resesi keuangan dan pembangunan ekonomi. 

Upaya agar strategi UMKM bertahan dimasa Pandemi covid-19, Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggandeng PT Indomaret melaksanakan Pelatihan kewirausahaan Mandiri UMKM.

Pelatihan yang berlangsung di aula kantor DPMPTSP Jeneponto dibuka langsung oleh Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar didampingi Ketua Dekranasda Jeneponto Hj Hamsiah Iksan, Kamis, 19 Agustus 2021.

Baca Juga: Terus Edukasi Masyarakat Cegah Penyebaran Covid-19, Kasus Positif di Jeneponto...

Hadir, Kepala Dinas PM PTSP Hj. Meriyani Anwaruddin, Kepala Dinas Pariwisata Elly Isriani, Brand manager Indomaret, Adi Sutono, Kabag Protpim Setda Jeneponto, Mustaufiq serta puluhan pelaku UMKM Butta Turatea.

Bupati Jeneponto, H.Iksan Iskandar dalam sambutannya merespon langkah PT. Indomarco bekerja sama dengan Dinas PMPTSP  Jeneponto dan Dekranasda Jeneponto melaksanakan pelatihan kewirausahaan mandiri.

Baca Juga: Antisipasi Pandemi Covid-19 Berlangsung Lama, Bupati Jeneponto Sebut Masyarakat harus...

“Kami sngat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada manajemen PT. Indomarco atas upaya memajukan pelaku UMKM di Jeneponto,” kata Iksan Iskandar.

Menurutnya pelatihan itu akan melahirkan konsep konsep tatanan perputaran ekonomi yang dapat meningkatkan taraf hidup pelaku usaha di Kabupaten Jeneponto.

“Pola marketing modern yang dibangun dimasa pandemi covid 19 saat ini akan melahirkan titik pertumbuhan ekonomi baru guna menunjang pembangunan bangsa secara makro,” ujar Iksan Iskandar.

Baca Juga: Pansus DPRD Sulsel Kunker di Jeneponto, ini Tujuannya

Bupati dua periode itu berharap melalui pelatihan itu, para pelaku UMKM Butta Turtea dapat merubah perilaku kehidupan di tengah pandemi Covid-19.

“Semoga sinergitas yang dibangun antara Pemerintah daerah, Dekranasda, dan PT. Indomarco terus terbangun dan dapat lebih memacu pelaku UMKM untuk lebih kreatif dalam meningkatkan usahanya,” harap Iksan .

Sementara, Brand manager Indomaret, Adi Sutono, menyampaikan maksud pelatihan kewirausahaan UMKM mandiri yang dilaksanakan dengan bekerja sama DPMPTSP dan Dekranasda Jeneponto.

“Kami dari Indomaret mengadakan program pelatihan agar bisa memberikan informasi dan wawasan tambahan tentang inovasi produk, yang tentunya diharapkan pelaku UMKM dapat dibekali strategi kesuksesan,” terang Adi Sutuno.

Ia menambahkan, untuk dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19, para pelaku UMKM harus terus diberi semangat dan dibekali strategi pengembangan kewirausahaan.

“Keseriusan dan ketekunan dalam membuat inovasi produk sehingga bisa dapat lebih bersaing dengan produk luar daerah lainnya merupakan faktor utama dalam meningkatkan UMKM,” tutup Adi Sutuno.

Bagikan