Turunkan Stunting, Bupati Jeneponto Launching Program Jaring Smart

Terkini.id, Jeneponto – Bupati Jeneponto, Launching program Jaring Smart yang di inisiasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan untuk menurunkan angka kejadian dan prevalensi  stunting di 20 Desa dan Kelurahan lokus Stunting 2021.

Launching program Jaring Smart berlangsung di ruang Pola Pangrannuanta, Kantor Bupati Jeneponto, jalan Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Kamis, 2 September 2021.

Hadiri dalam acara itu, Sekda Syafruddin Nurdin, Perwakilan Dandim 1425, Kapolres, Kajari, Pengadilan, beberapa Kepala OPD, Kabag, Camat. kepala Desa dan Kelurahan lokus Stunting serta Kader Jaring Smart.

Baca Juga: Sekda dan Kajari Jeneponto Pantau Pelaksanaan Vaksinasi, Warga Desa Banrimanurung...

Kepala Dinas Kesehatan Jeneponto, Syusanty A Mansyur dalam laporannya menyampaikan, Jaring Smart adalah program menjaring remaja peduli kesehatan persiapan menjadi orang tua berkualitas.

“Jaring Smart ini memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan jangka pendek daripada pelaksanaan jari semar adalah menurunkan angka kejadian dan prevalensi stunting di 20 desa kelurahan lokus di Jeneponto sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah menurunkan angka prevalensi stunting, angka kematian ibu dan angka kematian bayi di 50 desa kelurahan di Jeneponto,” kata Syusanty.

Turunkan Stunting, Bupati Jeneponto Launching Program Jariing Smart

Baca Juga: Operasi Patuh, Satlantas Polres Jeneponto Edukasi Masyarakat Terkait Pentingnya Menerapkan...

Lebih lanjut, Syusanty mengatakan,  terdapat beberapa masalah kesehatan yang dialami dan mengancam masa depan remjaa Indonesia, khususnya remaja di Jeneponto, yakni anemia, kurang tinggi badan (Stunting), kurang energi kronis (Kurus) dan Kegemukan (Obesitas).

“Untuk itu pembentukan kelompok remaja peduli dan konselor sebaya remaja diharapkan dapat menjadi wadah untuk memfasilitasi remaja dalam memahami permasalahan kesehatan remaja, menemukan alternatif pemecahan masalah, bentuk kelompok dukungan remaja dan memperluas jangkauan terutama bagi remaja daerah yang memiliki keterbatasan akses,” ungkapnya.

Syusanty berharap melalui program jaring smart diharapkan wawasan dan keterampilan remaja sebagai konselor sebaya meningkat dan mampu berperan strategu sebagai mediator, penghubung dan pemberi mediasi antara sesama remaja.

Baca Juga: Bupati Jeneponto Terima Kunjungan Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel, ini...

“Peningkatan wawasan dan keterampilan remaja diharapkan dapat mengatasi masalah kelompok remaja serta dapat memberikan pengaruh baik untuk mempersiapkan menjadi orang dewasa yang sehat dan produktif baik sosial maupun ekonomi,” ujarnya.

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, dalam sambutannya mengatakan, Penyakit hoax itu lebih berbahaya daripada Pandemi Covid-19, Stunting dan TBC, karena isu-isu hoax sangat berpotensi menghaturkan bangsa dan daerah.

Turunkan Stunting, Bupati Jeneponto Launching Program Jariing Smart

“Untuk itu saya berharap dengan adanya para remaja yang tergabung dalam jaring smart agar menjadi gerda terdepan dalam mengedukasi masyarakat agar tidak cepat percaya dengan berita-berita yang tidak benar,” jelas Iksan Iskandar.

Selain itu, Bupati Jeneponto dua periode itu menegaskan kepada Kepala wilayah Kecamatan, Kepala Desa dan Kepala Kelurahan untuk berkoordinasi intenks dengan para remaja jaring smart.

“Saya tegaskan agar camat, Lurah dan kepala Desa untuk aktif berkoordinasi dalam mencari masyarakat yang menderita penyakit TBC, bukan itu saja tapi harus juga mencari Balita Stunting dan Masyarakat sapsek Covid-19,” tegasnya.

Iksan Iskandar juga berharap kepada Remaja yang tergabung dalam Jaring Smart untuk dapat mensosialisasikan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat.

“Jaring Smart ini harus dapat mengedukasi masyarakat terkait manfaat dari pada vaksin, jadilah garda terdepan dalam mewujudkan target vaksinasi di Kabupaten Jeneponto,” tutup Iksan.

Lanching Smart ditandai dengan pemasangan rompi kepada perwakilan remaja yang tergabung dalam Jaring Smart.

Bagikan