Antisipasi Pandemi Covid-19 Berlangsung Lama, Bupati Jeneponto Sebut Masyarakat harus Membiasakan Hidup Disiplin Prokes

Terkini.id, Jeneponto -Pemerintah menyusun strategi jangka panjang untuk mengantisipasi kemungkinan Covid-19 akan tetap ada dalam waktu lama. Pilihan terbaik bagi masyarakat saat ini adalah tetap berdisiplin dan membiasakan diri dengan protokol kesehatan sebagai jalan menuju tatanan kehidupan baru.  

Hal itu diungkapkan, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar kepada terkini.id, di Kantor Bupati, jalan Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Jumat, 3 September 2021.

Pandemi COVID-19 telah berlangsung kurang lebih 1,5 tahun sejak pertama kali muncul di Wuhan, China pada akhir 2019 lalu. Kita tidak tahu kapan akan berakhir, untuk itu langkah-langkah untuk hidup berdampingan dengan virus corona secara jangka panjang harus disiapkan sambil menunggu Pemerintah pusat mengevaluasi penerapan PPKM Berlevel.

Baca Juga: Sekda dan Kajari Jeneponto Pantau Pelaksanaan Vaksinasi, Warga Desa Banrimanurung...

“Pemerintah menyusun dan menerapkan sejumlah protokol kesehatan sebagai bagian dari strategi ke arah sana. Tujuannya, agar kita dapat menyeimbangkan kehidupan yang sehat namun juga tetap berdaya dalam kegiatan ekonomi dan sosial,” Kata Iksan Iskandar.
 
Menurutnya, protokol kesehatan merupakan dasar tatanan hidup baru bagi masyarakat, mengingat Covid-19 diperkirakan tidak hilang dalam waktu cepat. Tidak ada pilihan lain selain disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai salah satu kebiasaan baru.  
 
“Saat ini, pemerintah memprioritaskan pelaksanaan protokol kesehatan di fasilitas publik, Penyusunan protokol kesehatan di masing-masing fasilitas publik melibatkan pihak pemangku kepentingan terkait. Setiap protokol kesehatan didasarkan pada 3 standar, yaitu standar jumlah, aktivitas, dan perilaku,” ungkapnya.

Selain protokol kesehatan, kata Iksan, pemerintah juga terus meningkatkan implementasi   berbagai strategi pengendalian pandemi, diantaranya vaksinasi, peningkatan alokasi dan percepatan vaksinasi.  
 
“Seluruh upaya dijalankan secara bersamaan, tidak ada yang lebih didahulukan daripada yang lain. Pemerintah juga berkomitmen akan senantiasa memantau kondisi pandemi Covif-19 secara aktual, agar bisa mengambil kebijakan yang tepat baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi,” terang Iksan.

Baca Juga: Operasi Patuh, Satlantas Polres Jeneponto Edukasi Masyarakat Terkait Pentingnya Menerapkan...

Sementara, dalam dialog virtual Media Center KPCPEN beberapa hari yang lalu, juru bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menegaskan, monitoring protokol kesehatan yang disusun pemerintah tersebut dilakukan untuk memastikan masyarakat aman melakukan aktivitas di tempat publik dalam mengadaptasi kebiasaan baru dalam hidup berdampingan dengan Cobid-19.  
 
“Intinya, strategi ini harus diimplementasikan demi keamanan kita semua, juga orang-orang yang kita kasihi. Karena itu, pemerintah mengharapkan dukungan masyarakat, dengan cara terus disiplin protokol kesehatan, ikut vaksinasi, dan mempersiapkan diri menuju tatanan hidup baru, yakni hidup bersama Covid-19,” ungkap Siti Nadia Tarmizi.

Penulis : Syarifuddin

Bagikan