Siswa SMKN I Jeneponto Mulai Divaksin, 83 Orang Terima Dosis Pertama

Terkini.id, Jeneponto  – Dalam menghadapi pembelajaran tatap muka, siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN)  1 Jeneponto mulai terima vaksin dosis dari tenaga kesehatan Puskesmas Binamu Kota Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto.

Vaksinasi ini dilaksanakan didalam wilayah SMKN 1 Jeneponto, jalan Stadion, Kelurahan Balang Toa, Kecamatan Binamu. Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Kamis, 2 September 2021.

Plt Kepala SMKN 1 Jeneponto, H. Ibrahim. mengatakan, vaksinasi bagi siswa itu untuk mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) khusus di SMKN 1 Jeneponto.

Baca Juga: Sekda dan Kajari Jeneponto Pantau Pelaksanaan Vaksinasi, Warga Desa Banrimanurung...

“Sebelumnya Kami memberikan surat kepada orang tua atau wali siswa untuk meminta izin, apakah diizinkan atau tidak,” kata Ibrahim.

Menurutnya, meskipun proses vaksinasi sementara berjalan di sekolah tetapi tidak ada paksaan dari pihak sekolah bahwa siswa harus mengikuti vaksin.

Baca Juga: Operasi Patuh, Satlantas Polres Jeneponto Edukasi Masyarakat Terkait Pentingnya Menerapkan...

“Target kita hari ini 100 siswa, namun tentunya kami tidak memaksakan, pihak sekolah mengacu kepada persetujuan orangtua, sehingga yang menerima vaksin dosis pertama hari ini sebanyak 83 siswa,” ungkapnya.

Terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka, Ibrahim mengatakan, proses PTM akan dilaksanakan setelah semua siswa sudah di vaksin.

“Insya Allah, pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) akan dilaksanakan setelah semua siswa sudah di vaksin. Kami sangat memahami edaran itu yang harus kami jalankan,” ujarnya.

Baca Juga: Bupati Jeneponto Terima Kunjungan Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel, ini...

Sementara, Kepala Puskesmas Binamu Kota, Alim Bahri mengungkapkan, vaksin di siswa SMKN 1 Jeneponto dilaksanakan atas permintaan pihak sekolah.

“Vaksin ini merupakan permintaan dari pihak sekolah sendiri dan melakukan kordinasi dari pihak Puskesmas Binamu Kota,” ucapnya.

Untuk target seluruh siswa diminta untuk menjalani vaksin di sekolah tetapi data sementara yang ada baru 83 siswa yang mendaftar vaksinasi.

“Data yang tercatat hari ini ada 83 orang. Itu yang tercatat dan informasi akan masih ada penambahan,” tutur Alim Bahri.

Ia menambhakan, pihak Puskesmas Binamu Kota mempersiapkan 10 vial,” hari ini untuk 100 orang,” terang Alim.

Salah seorang siswa SMKN I Jeneponto yang menerima vaksin dosis pertama mengatakan, dirinya bersyukur bisa ikuti vaksinasi, meskipun awalnya sempat takut untuk mengikutinya. 

“Alhamdulillah, saya bisa ikut vaksin di sekolah sendiri, awalnya takut, saya tidak terbiasa dengan jarum suntik, tetapi karena vaksin adalah penting bagi kesehatan diri kita dan juga orang-orang disekitar kita maka saya harus mengikutinya.” Tutur siswa SMKN I Jeneponto yang enggan disebut namanya.

Penulis : Syarifuddin

Bagikan