87 Warga Kelurahan Empoang Selatan Disuntik Vaksin Covid-19, Lurah Harap Tetap Disiplin Prokes

Terkini.id, Jeneponto, Untuk melindungi masyarakat agar tetap produktif, Pemerintah Kelurahan Empoang Selatan melaksanakan vaksinasi di kantor Kelurahan Empoang Selatan, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Sabtu. 4 September 2021.

Vaksinasi itu dilaksanakan dengan bekerja sama Puskesmas Bontosunggu Kota menargetkan menyiapkan 79 vial vaksin dengan target 158 warga dan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sesuai pantauan terkini.id, pelaksanaan vaksinasi itu disaksikan langsung oleh Kepala Kelurahan Empoang Selatan, Hardin Nasri, Ketua TP PKK Empoang Selatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Baca Juga: Pemerintah Kelurahan Empoang Jeneponto Gelar Vaksinasi

Kepala Kelurahan Empoang Selatan, Hardin Nasri kepada terkini.id mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di bagi warganya atas kerjasama Puskesmas Bontosunggu Kota.

87 Warga Kelurahan Empoang Selatan di Suntik Vaksin Covid-19.

“Target kita hari ini 158 orang, namun yang di vaksin, laki-laki sebanyak 45 orang, perempuan 42 orang, jadi jumlah yang di vaksin sebanyak 87 orang, dimana pihak Puskesmas menyiapkan 79 vial vaksin, yang terpakai 44 vial,” jelas Hardin Nasri.

Baca Juga: Warga Kelurahan Sidenre Jeneponto Mulai di Vaksin

Menurutnya, Pemberian vaksin yang khusus diberikan dalam rangka meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit dengan tujuan mengurangi penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, pencapaian herd immunity dan melindungi masyarakat agar tetap produktif.

“Meski telah divaksin, bukan berarti dapat abai dalam menerapkan protokol kesehatan. Tetap jaga kesehatan dan tetap ikuti protokol kesehatan 3M,” kata Hardin Nasri.

Lebih lanjut, Hardin Nasri mengajak masyarakat agar secara bergotong royong mengikuti program vaksinasi yang merupakan program nasional.

87 Warga Kelurahan Empoang Selatan di Suntik Vaksin Covid-19,Lurah Harap Tetap Disiplin Prokes

Baca Juga: Kelurahan Bontoa Bergerak Mempercepat Penanganan Stunting, ini yang Dilaksanakan

“Kami harap masyarakat untuk tidak takut di vaksin, karena vaksinasi Covid-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya ada, ini merupakan upaya untuk mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd imunity). Selain itu, vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat,” terang Hardin Nasri.

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, masyarakat diminta tidak hanya mengandalkan satu intervensi kesehatan saja. Upaya vaksinasi yang dilakukan saat ini, tidak semata-mata menjadi satu-satunya upaya melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. 

Hardin menambahkan, Vaksinasi tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan protokol kesehatan. 

“Harus diingat, perlu waktu untuk tubuh kita membentuk antibodi (kekebalan) sehingga siapa pun yang sudah divaksinasi tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan (3M), sampai pandemi dinyatakan berakhir. Untuk itu selama belum tercapai kekebalan komunitas atau herd immunity, maka pencegahan paling efektif adalah kepatuhan protokol kesehatan, Tetap pakai masker yang benar, jaga jarak hindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan,” ujarnya.

Sementara, Salah seorang wargaarga Empoang Selatan yang menerima Vaksin dosis pertama, Ira menyambut baik pelaksanaan vaksinasi gratis yang diinisiasi oleh Pemerintah Kelurahan Empoang Selatan.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya vaksin yang dilaksanakan di kantor Lurah ini, semoga semua warga Empoang Selatan ikut vaksin demi kesehatan kita. kesehatan Keluarga dan orang di sekitar kita,” harap Ira.

Penulis : Syarifuddin

Bagikan