Ketua Fraksi PAN DPRD Sulsel Sosialisasi Perda Tentang Fasilitas Percepatan Pembangunan Perdesaan di Jeneponto

Terkini.id, Jeneponto – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Syamsuddin Karlos melaksanakan sosialisasi penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) wilayah provinsi Sulsel nomor 9 tahun 2019, tentang fasilitas percepatan pembangunan perdesaan, di Kelurahan Tonro Kassi, Kecamatan Tamalatea dan Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sabtu, 18 September 2021.

Kegiatan itu dihadiri oleh pemerintah setempat dan ratusan peserta dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempua dan tokoh.

Syamsuddin Karlos, dalam arahanya. menyampaikan, Perda nomor 9 tahun 2019 tentang fasilitas percepatan pembangunan perdesaan hanya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Sulsel.

Baca Juga: Bakal Gelar Vaksinasi, Ketua DPC Gerindra Jeneponto Ajak Warga Ikut...

“Peraturan Daerah ini dibentuk untuk menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam Fasilitasi percepatan Pembangunan Perdesaan melalui Bantuan Keuangan Desa dengan tujuan untuk memperkuat kemampuan keuangan Desa dalam memaksimalkan kinerja pelaksanaan dan hasil dari program-program yang direncanakan, meningkatkan kualifikasi Desa sebagai hasil dari pelaksanaan percepatan pembangunannya dan mewujudkan kesejahteraan penduduk Desa,” kata Syamsuddin Karlos.

Ketua Fraksi PAN DPRD Sulsel ini mengatakan, pembangunan desa mempunyai peran penting dalam konteks pembangunan nasional.

Baca Juga: Jelang HUT Sulsel ke-352, Bupati Jeneponto Imbau Masyarakat Disiplin Prokes...

“Pemerintah Desa menyelenggarakan urusan pemerintahan serta pelayanan kepada masyarakat serta lebih terarah terfokus dan lancar terutama program kegiatan pemerintah Desa yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat desa dengan dasar pertimbangan bahwa akan memberikan suatu kehidupan yang layak dan makmur bagi masyarakat Desa,” jelasnya

Menurutnya, yang paling berperan di dalam pembangunan perdesaan adalah Pemerintah desa itu sendiri terutama di dalam menciptakan iklim yang mendorong tumbuhnya prakarsa lokal dan peningkatan partisipasi komponen masyarakat perdesaan melalui penyusunan program program pembangunan dan bermanfaat potensi sumber daya yang dimiliki.

Ketua Fraksi PAN DPRD Sulsel Sosialisasi Perda Tentang Fasilitas Percepatan Pembangunan Perdesaan di Jeneponto

“Untuk itu melalui Perda nomor 9 tahun 2019 tentang fasilitas percepatan pembangunan perdesaan diharapkan pemerintah desa dapat meningkatkan keterkaitan pembangunan pada berbagai sektor dan keterkaitan antara wilayah dalam rangka memperkuat pembangunan daerah secara menyeluruh,” pungkasnya.

Baca Juga: Anggota DPRD Sulsel Vonny Ameliani Kundapil di Tarowang, Sebelumnya Pantau...

Syamsuddin Karlos juga mengatakan, untuk mendukung upaya memajukan desa di Sulawesi Selatan maka dapat dilakukan melalui fasilitasi percepatan pembangunan perdesaan

“Fasilitas dimaksud dapat berupa dukungan program dan pembiayaan dan pemerintah provinsi serta dalam bentuk bantuan keuangan desa terhadap program yang telah ditetapkan oleh pemerintah desa di dalam rencana pembangunan jangka menengah desa,” terangnya.

Dia menambahkan, dukungan program dan kegiatan dari pemerintah provinsi dapat dilakukan setiap tahun, dengan merujuk atau menjabarkan kebijakan pembangunan perdesaan yang telah ditetapkan di dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Sulawesi Selatan.

“Bantuan keuangan Desa dimaksudkan sebagai dukungan pemerintah provinsi kepada pemerintah Desa dalam membiayai program pemerintah Desa yang telah ditetapkan di dalam rencana pembangunan jangka menengah Desa,” tutup Syamsuddin Karlos.

Bagikan