Sasar Kecamatan Tamalatea Jeneponto, Tim Vaksinasi RSUD Labuang Baji Suntik 750 Masyarakat
Komentar

Sasar Kecamatan Tamalatea Jeneponto, Tim Vaksinasi RSUD Labuang Baji Suntik 750 Masyarakat

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Selama dua hari  Tim vaksinasi dari rumah sakit umum daerah (RSUD) Labung Baji Makassar menyasar masyarakat pada 10 Desa dan Kelurahan di Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan.

Enam tim Vaksinasi RSUD Labuang Baji yang terdiri dari 100 orang tenaga kesehatan (Nakes) tergabung dalam Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan.

Juru bicara Satgas Covid-19 Jeneponto, Suryaningrat mengatakan, enam tim vaksinasi dari RSUD Labuang Baji Makassar itu tiba di Jeneponto, Senin,  6 Desember 2021.

“Hari pertama, Senin 6 Desember 2021 menyasar 6 Desa di wilayah Kecamatan Tamalatea dengan capaian vaksin dosis pertama 411 orang dan dosis kedua 55 orang, jadi totalnya 466 orang,” kata Suryaningrat kepada Terkini.id,  Rabu, 8 Desember 2021.

Di hari kedua, Selasa 7 Desember 2021 kata Suryaningrat, 100 orang tenaga kesehatan RSUD Labuang Baji kembali menyasar masyarakat di 4 Kelurahan yang ada di Kecamatan Tamalatea.

“Hari kedua tim dari RSUD Labuang Baju menyasar 4 Kelurahan di wilayah Kecamatan Tamalatea, dengan capaian vaksin dosis 1 sebanyak  241 orang dan dosis 2  sejumlah 43 orang, totalnya 284 orang,” jelas Suryaningrat.

Menurutnya, Capaian vaksinas di hari kedua sedikit menurun dibanding hari pertama,” capaian di hari kedua sedikit menurun karena dipengaruhi oleh faktor cuaca dan banjir.

“Ada 2 Kelurahan yang batal dilaksanakan kegiatan vaksinasi akibat banjir, yaitu di Kelurahan Tamanroya dan Tonrokassi Timur, jadi selama dua hari dari 6 dan 7 Desember 2021 total capaian vaksinasi sebanyak 750 orang,” tutup Suryaningrat.

Dimana sebelumnya diberitakan, Capaian vaksinasi di Kabupaten Jeneponto masih tergolong rendah, tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) turun tangan langsung melakukan vaksinasi di daerah yang berjuluk Butta Turatea, Senin, 6 Desember 2021.

Kedatangan 100 tenaga kesehatan yang tergabung dalam Satuan tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan dipimpin Direktur Rumah Sakit Labuang Baji, drg Haris.

Kepala Dinas Kesehatan Jeneponto, Syusanty A Mansyur mengatakan, kehadiran Tim Satgas Satuan Vovid-19 Provinsi Sulsel dalam rangka kolaborasi dalam melaksanakan vaksinasi di 12 Desa dan Kelurahan di Jeneponto.

“Hari ini Tim Satgas Covid-9 Sulsel mendatangi beberapa Desa di Kecamatan Tamalatea, diantaranya Desa Turatea, Turatea Timur, Borongtala, Bontojai, Bontosunggu dan Desa Karelayu,” jelas Syusanty.

Kedatangan tim Satgas Covid-19 Provinsi Sulsel itu disambut baik oleh Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar.

“Alhamdulillah, Bapak Bupati menyambut baik kedatangan tim Satgas Covid-19 Sulsel, terkait rencana kedatangan Tim dari Provinsi ini sudah disampaikan pada Rapim terbatas di Kantor Gubernur, dimana pada hari itu dibahas terkait akselerasi percepatan vaksinasi di Sulsel,” jelasnya.

Syusanty menambahkan, untuk meningkatkan capaian vaksinasi di Jeneponto Pemerintah Provinsi Sulsel juga menyiapkan Vaksinator mobile dibeberapa Kabupaten di Sulsel yang dianggap Vaksinasinya rendah, termasuk Jeneponto.

“Untuk percepatan capaian vaksinasi, Gubernur menyiapkan bantuan tim vaksinasitor mobile, bantuan itu untuk diperuntukkan bagi 5 kabupaten yang masah rendah capaian vaksinasinya di Sulsel, diantaranya Jeneponto,”pungkasnya.

Dimana update capaian vaksinasi di Jeneponto, kata Syusanty belum mencapai 50 persen.

“Capaian vaksinasi baru sekitar 48,05 persen, ada 6000 orang sudah vaksin namun belum terimput, itu dikarenakan data NIK,” jelas Syusanty.

Penulis : Syarifuddin (S.Bachtiar/Syarief)