SDN 30 Bangkala Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata
Komentar

SDN 30 Bangkala Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Unit pelaksana teknis sekolah dasar negeri (UPT SDN) 30 Bangkala (SDI 213 Batu Bassi), Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan mempersiapkan diri menuju  penilaian Sekolah Adiwiyata.

Hal itu terlihat dengan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) yang dilakukan.

Tak hanya menjadikan lingkungan sekolah kian tertata. Sejumlah inovasi yang dilakukan menjadikan peserta didik dan orang tua siswa aktif berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

SDN 30 Bangkala Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata
Taman komite SDN 30 Bangkala, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan.

“Tahun 2022 ini kami jadikan momentum untuk menggapai harapan baru harus dengan spirit baru, semoga semangat juang selalu bersinar yang disertai dengan kesehatan,” kata Kepala SDN 30 Bangkala, Hj St Aminah, kepada terkini.id, Sabtu, 8 Januari 2022.

Untuk menuju Adiwiyata kata Hj. St. Aminah telah memulai melakukan berbagai upaya untuk menghadapi penilaian Adiwiyata.

“Kami baru mulai berbenah, menyusun rencana, membuat program, visi misi, penyediaan sarana  penunjang dan kelengkapan, administrasi yang terkait dengan indikator penilaian sekolah Adiwiyata,” jelasnya.

SDN 30 Bangkala Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata
Green House SDN 30 Bangkala

Ditanyakan terkait tentang bagaimana dengan pelestarian lingkungan hidup di sekolah yang dipimpinnya, Hj St. Aminah mengaku sudah menata sedemikan rupa.

“Sudah ada bank sampah, rumah sampah, Green House, Pemanfaatan barang bekas dan taman komite,” ungkapnya.

Hj.St. Aminah menambahkan, dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto semua pihak terkait.

“Insya Allah, pihak Dinas Lingkungan Hidup siap mendampingi membina kami. Begitu semua stakeholder,” ujarnya.

Selain mempercantik lingkungan sekolah, pemanfaatan limbah untuk pot dan media tanam itu juga kami maksudkan untuk menanam sebanyak mungkin tanaman di lingkungan sekolah. 

SDN 30 Bangkala Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata
SDN 30 Bangkala Berbenah Menuju Sekolah Adiwiyata

“Lingkungan sekolah ini juga dihijaukan dengan berbagai tanaman bunga, buah, tanaman perindang, hingga tanaman buah dalam pot. Belakang sekolah juga dimanfaatkan untuk apotek hidup dan kebun sayur,” terang Hj. St. Aminah.

Menuju penilaian Sekolah Adiwiyata merupakan program lanjutan sekolah tersebut dalam transformasi menjadi satuan pendidikan peduli lingkungan hidup.

“Kini kami memotivasi warga sekolah untuk berbuat lebih banyak lagi demi terwujudnya lingkungan hidup yang lestari untuk menggapai Adiwiyata,” tutup Hj. St. Aminah.