HGN Ke-62, Ketua TP PKK Sebut Pencegahan Stunting, Wasting, Obesitas Perlu Dukungan Lintas Program

Terkini.id, Jeneponto – Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Kesehatan peringati Hari Gizi Nasional (HGN) Ke-62 tahun 2022 dengan mengangkat tema Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas.

Peringatan HGN ke-62 dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Jeneponto, Hj Hamsiah Iksan, Kepala Dinas Kesehatan, Syusanty A Mansyur, para Kepala Bidang Dinas Kesehatan, pengurus Persagi, Kepala Puskesmas dan Kader Jaring Smart.

Kegiatan itu yang berlangsung di Gedung Sipitangarri Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan didukung  organisasi profesi PERSAGI, PDGKI, IDI,PPNI , organisasi sosial  kemasyarakatan, dunia usaha, serta media. 

HGN Ke-62, Ketua TP PKK Sebut Pencegahan Stunting, Wasting, Obesitas Perlu Dukungan Lintas Program

Baca Juga: Pemdes Balang Baru Terus Bergerak Lakukan Upaya Pencegahan Stunting

Kepala Dinas Kesehatan, yang juga selaku Ketua panitia melaporkan, latar belakang pelaksanaan kegiatan peringatan hari gizi Nasional.

“Pembangunan kesehatan merupakan investasi utama dalam  pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya  saing. Peringatan HGN tahun 2022 merupakan momentum penting  dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari  berbagai pihak untuk bersama membangung gizi menuju bangsa  sehat berprestasi dengan mengangkat tema “Aksi Bersama Cegah  Stunting dan Obesitas,” kata Syusanty.

Baca Juga: Hadiri Rembuk Stunting, Ketua TP PKK Jeneponto Sebut Pencegahan Harus...

Pelaksanaan HGN Ke-62 tahun 2022 kata Syusanty mengangkat tema Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas dengan slogan Gizi Seimbang, Keluarga Sehat, Negara Kuat.

Ketua TP PKK Jeneponto, Hj Hamsiaj Iksan nilai lomba menu sehat usia 15-18 tahun

 
“Tujuan kegiatan ini adalah menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat  tentang pentingnya Pelayanan Gizi spesifik dan sensitif untuk  pencegahan masalah gizi ganda, meningkatkan peran media massa dalam kampanye pencegahan  masalah gizi ganda sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas  kesehatan masyarakat 
– Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik  sektor kesehatan maupun non kesehatan,” jelas Syusanty.

Syusanty menambahkan, dalam memperingati HGN ke-62 tahun 2022 dilaksanakan beberapa lomba.

Baca Juga: Hadiri Rembuk Stunting, Ketua TP PKK Jeneponto Sebut Pencegahan Harus...

“Peringatan HGN ke-62 tahun 2022 dirangkaikan dengan beberapa kegiatan lomba, diantaranya lomba Zumba, menu bekal sekolah yang dilaksanakan 21 Januari 2022, Donor Darah dilaksanakan 24 Januari 2022  di aula I RSUD Lanto Daeng Pasewang, Penyuluhan Makanan Sehat dan mencegah stunting 25 Januari 2022 di Desa Kareloe, Kecamatan Bonroramba dan lomba Menu Seporsi Remaja Usia 15-18 tahun di Gedung Sipitangarri hari ini 26 Januari 2022,” ungkapnya.

Pemotongan tumpeng oleh Ketua TP PKK Jeneponto, Hj Hamsiah Iksan

 
Ketua TP PKK Kabupaten Jeneponto, Hj Hamsiah Iksan dalam sambutannya mengapresiasi Dinas Kesehatan yang senantiasa memiliki komitmen dan kepedulian terhadap pengembangan derajat kesehatan di Butta Turatea.

“Kami mengucapkan banyak  terimakasih kepada Dinas Kesehatan dan semua pihak atas upayanya selama ini untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan Stunting. Saat ini kita dihadapkan pada beban ganda masalah gizi yaitu masih tingginya prevalensi stunting, wasting dan obesitas serta kekurangan zat gizi mikro,” kata Hj Hamsiah Iksan.

Menurutnya, permasalahan tersebut dapat dipengaruhi oleh kebiasaan  asupan gizi yang tidak optimal, infeksi berulang, pelayanan  kesehatan yang tidak memadai dan kurangnya aktifitas fisik.  

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto, Dyusanty A Mansyur

“Upaya pencegahan masalah gizi ganda dilakukan melalui berbagai upaya baik intervensi spesifik dan sensitif  terutama pada 1000 HPK. Persoalan kesehatan dan gizi tidak dapat diselesaikan oleh bidang kesehatan saja, namun perlu dukungan dan  kontribusi lintas program, lintas sektor, profesi dan semua  mitra pembangunan,” jelas Hj Hamsiah Iksan.

Lebih lanjut istri Bupati Jeneponto dua periode itu mengatakan, peringatan HGN tahun 2022 merupakan momentum 
penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan  komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangung  gizi menuju bangsa sehat berprestasi.

“HGN tahun ini mengangkat tema, Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas dengan dengan slogan Gizi Seimbang, Keluarga Sehat, Negara Kuat, dengan tema  dan slogan tersebut mari kita bekerjasama untuk mempercepat  penurunan Stunting dan Obesitas di kabupaten Jeneponto, dan kami berharap semua stakeholder untuk aktif dalam menanggulangi masalah gizi yang kita hadapi,” tutup Hj Hamsiah Iksan.

Bagikan