Bupati, Wabup hingga Dandim Pantau Titik Jalan Poros yang Terendam Air Akibat Hujan Deras

Terkini.id, Jeneponto – Bupati, Iksan Iskandar memantau beberapa titik jalan poros yang terendam air akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan sejak Minggu, 20 Februari 2022.

Hadir mendampingi Bupati, Pj Sekda, H. Muhammad Basir Bohari, Kadis Perindag H.Manrancai, Kepala Kesbangpol Syarbini Mattewakang, Kadis Capil H. Muhammad Jafar, Kadis Perhubungan Aspa Muji, Sekretaris BKPSDM Taufiq, Kabid Binamarga Masyuri dan Kabid Humas Mansur.

Titik yang dipantau Bupati Iksan Iskandar, Senin, 21 Februari 2022, diantarnya di jalan poros nasional didepan pasar Karisa, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu yang tergenang air mencapai sekitar kurang lebih 50 cm.

Baca Juga: Bupati Hadiri Malam Ramah Tamah, Berterima Kasih Kepada Paskibraka dan...

Genangan air di jalan poros nasional itu cukup berpengaruh pada aksesbilitas transportsi yang akan melintas dari arah Bantaeng menuju Makassar begitupun sebaliknya.

Dari hasil pantauannya, Bupati Jeneponto dua periode itu menginstruksikan Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk melakukan langkah cepat dalam menangani genangan yang menggangu aksesbilitas transfortasi.

Baca Juga: Bupati, Wabup Bertindak Selaku Inspektur Upacara Gladi Bersih Pengibaran, Penurunan...

“OPD terkait agar segera melakukan langkah perbaikan dibeberapa aliran yang tersumbat, sehingga masyarakat kita dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman,” tegas Iksan Iskandar.

Caption

Sementara, Wakil Bupati,  Paris Yasir bersama Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Inf Gustiawan Ferdianto memantau titik banjir di Kecamatan Tamalatea dan jalan poros yang terendam air di Kelurahan Balang, Balang Toa, dan debit air di Jembatan Sapanang, Desa Sapanang Kecamatan Binamu.

“Ada beberapa wilayah yang kita sementara pikirkan terkait penanganan banjir, memang ada beberapa ruas aliran air yang perlu dibuatkan plat duiker atau jembatan-jembatan sehingga aliran air lancar,” kata Paris Yasir 

Baca Juga: Bupati, Wabup Bertindak Selaku Inspektur Upacara Gladi Bersih Pengibaran, Penurunan...

Dimana sebelumnya, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar instruksikan pimpinan wilayah Kecamatan, Kepala Kelurahan dan Desa agar aktif memantau kondisi wilayahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bagian Protokol dan komunikasi pimpinan, Mustaufiq, Minggu, 20 Februari 2022.

“Dengan keluarnya peringatan dari BMKG terkait prakiraan cuaca ekstrim di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan,  20 Februari hingga 23 Februari 2022, untuk itu Bupati Jeneponto minta Tripika, Kepala Kelurahan dan Desa untuk terus memantau wilayahnya,” kata Mustaufiq.

Menurut Mustaufiq, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar berharap agar koordinasi dengan pihak terkait terus dilakukan oleh Tripika dan Lurah dan Kades.

“Pantau wilayahnya, khususnya di wilayah yang rawan banjir, kordinasikan dengan pihak terkait jika masyarakat membutuhkan bantuan,” ungkap Mustaufiq.

Selain itu kata Mustaufiq, Bupati Jeneponto dua periode itu juga menghimbau masyarakat agar tidak panik.

“Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak panik, tetap waspada jangan lengah karena kondisi alam susah di prediksi, kita berharap dan berdoa semoga cuaca tetap bersahabat,” harapnya.

Sesuai informasi yang didapat, Mustaufiq mengatakan, sudah ada beberapa wilayah yang terendam air.

“Beberapa wilayah sudah ada terendam, diantaranya, Nasara bagian dalam, Bontotangnga, Paceko Kelurahan Balang,” jelasnya.

Bagikan