Intip Sosok Siswi MTsN 2 Jeneponto Peraih Emas Ajang Internasional

Terkini.id, Jeneponto – Sosok pelajar Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan yang baru-baru ini mengharumkan Indonesia diajang internasional 10th World Robotic For Peace 2022.

Pelajaran Butta Turatea itu adalah Dian Fadhillah Jannah bersama Nur Fadhilah Putri Sari, mereka siswi kelas IX  MTsN 2 Jeneponto.

Dian Fadhillah Jannah bersama Nur Fadhilah Putri Sari mengharumkan nama Indonesia, khusus daerah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Jeneponto dengan meraih mendali emas diajang Internasional 10th World Robotic For Peace 2022.

Baca Juga: Jeneponto Raih Penghargaan Kabupaten Terbaik Penyelesaian Tindak Lanjut

Raihan prestasi itu tidak segampang membalikkan telapak tangan, namun dibutuhkan ikhtiar dan semangat untuk menggapainya, hal itulah yang dimiliki siswi MTsN 2 Jeneponto, Dian Fadhillah Jannah dan Nur Fadhilah Putri Sari.

Dian Fadhillah Jannah putri pasangan dari Almarhum Haeruddin dan Rahmawati menuturkan dirinya meraih prestasi di ajang internasional karena belajar dari kegagalan disaat mengikuti ajang Madrasah Robotics Competition (MRC) tingkat Nasional tahun 2021.

Baca Juga: Humas Kominfo dan Protopim Lupuk dengan Pembukaan Pemusatan Pelatihan Calon...

“Sebelumnya kami mengikuti ajang Madrasah Robotics Competition (MRC) tingkat Nasional tahun 2021 yang saat itu kami hanya mampu menempati peringkat 9 nasional, tapi dari kegagalan itulah sehingga saya memotivasi diri untuk terus belajar dan belajar sehingga  pada lomba AJR kami berhasil meraih perunggu dan 10th World Robotic For Peace 2022 saya berhasil maraih emas,” tutur Dian Fadhillah Jannah saat ditemui terkini.id, Kamis, 24 Februari 2022.

 Dian Fadhillah Jannah yang ditinggal sosok ayah yang berpulang ke Rahmatullah pada tahun 2015 memiliki cita-cita menjadi seorang dokter.

Baca Juga: Humas Kominfo dan Protopim Lupuk dengan Pembukaan Pemusatan Pelatihan Calon...

“Bapak saya meninggal tahun 2015, semasa hidupnya bapak seorang Kepala sekolah, sepeninggalan bapak, saya didik seorang sosok ibu yang merupakan salah seorang guru di MTsN 2 Jeneponto ini,” pungkas Dian,” pungkas Dian.

Dian pun yakin dengan merangkai robot, cita-citanya untuk menjadi seorang dokter akan tercapai,” Dengan prestasi yang saya raih itu dapat menjadi media dalam mendorong, memotivasi saya untuk menjadi dokter, karena dalam merangkai robot saya mendapatkan  banyak hal, seperti lebih meningkatkan pemahaman terhadap bahasa Inggris, Matematika, IPA dan memprogram, diera sekarang merupakan era digital, tentunya robot sangat diperlukan dalam pelayanan di rumah sakit untuk merawat pasien,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan, Nur Fadhilah Putri Sari yang merupakan tim robotik Matsanda, putri dari pasangan Irmawati Ahmad (seorang penyuluh) dan Jumahir (anggota TNI).

“Cita-cita saya ingin menjadi dokter, Insya Allah dengan merangkai robot, saya mendapat banyak hal, diantara lebih memahami bagaimana memprogram, lebih mendalami matematika dan bahasa Inggris serta yang lain-lain,” jelas Nur Fadhilah Putri Sari.

 

Kedua siswi tersebut menuturkan, merasa sangat bersyukur memiliki seorang Kepala Madrasah yang memiliki talenta dan semangat yang luar biasa dalam memotivasi dirinya dan Madrasah untuk mendukung kami dan Madrasah dimana saya menempuh pendidikan.

“Kami sangat bersyukur memiliki Kepala Madrasah yang memiliki semangat dan motivasi yang luar biasa, beliau selalu memberi spirit untuk lebih giat belajar, dan tidak putus asa dalam kegagalan, beliau selalu menyampaikan setiap yang kita lakukan untuk kebaikan pasti ada sesuatu yang berharga di dalamnya,” jelas Dian.

Hal itulah kata Dian, yang menjadi motivasi dan penyemangat buat mereka,”Di tambah lagi dengan dukungan kebutuhan yang kita harapkan dalam mengikuti lomba, mulai dari alat dan bahan, kebutuhan lainnya disaat persiapan lomba hingga sampai selesai mengikuti lomba, semuanya di fasilitasi oleh Madrasah tempat kami menempuh pendidikan,” tutup Dian.

Selain meraih prestasi dalam lomba robotik, Dian Fadhillah Jannah merupakan siswi peraih mendali pada Olimpiade Sains Matematika IPA (OSMI) 2022 dan Pekan Olympiade Sains Nasional (POSN).

Pada Olimpiade Sains Matematika IPA (OSMI) 2022, Dian Fadhillah Jannah meraih perunggu mata pelajaran matematika dan Nur Fadhilah Putri Sari meraih perunggu mata pelajaran IPA 

Sedangkan pada Pekan Olympiade Sains Nasional (POSN), Dian Fadhillah Jannah meraih mendali emas mata pelajaran matematika dan Nur Fadhilah Putri Sari meraih mendali perak mata pelajaran IPA.

Bagikan