Ketua Fraksi PAN, Hanafi Sewang Jadi Pemateri pada Kuliah Umum DPM STIE YAPTI Jeneponto
Komentar

Ketua Fraksi PAN, Hanafi Sewang Jadi Pemateri pada Kuliah Umum DPM STIE YAPTI Jeneponto

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jeneponto, Hanafi Sewang jadi pemateri pada kuliah umum Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) STIE Yapti Jeneponto, Selasa, 1 Maret 2022.

Dalam kuliah umum yang bertajuk nilai-nilai kepemimpinan legislatif, Ketua Komisi II DPRD Jeneponto, Hanafi Sewang membawakan materi menanamkan nilai-nilai kepemimpinan legislatif kepada mahasiswa sebagai agen perubahan.

Dalam materinya, Hanafi Sewang memaparkan, sebagai kaum intelektual, mahasiswa dipandang punya peran besar dalam mengubah tatanan sosial .

“Mahasiswa diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang mampu membuat perubahan-perubahan positif untuk masyarakat, peran besar ini harus selalu ditanamkan kepada mahasiswa, bahkan harus ternam sejak memasuki bangku perkuliahan, untuk itu mahasiswa diharapkan bisa menjalankan peran ini dengan baik,” jelas Hanafi Sewang.

Lebih lanjut, Hanafi Sewang menyampaikan, mahasiswa dapat menjalankan perannya sebagai agen perubahan dan membawa masyarakat pada tatanan sosial yang lebih adil. 

Ketua Fraksi PAN, Hanafi Sewang Jadi Pemateri pada Kuliah Umum DPM STIE YAPTI Jeneponto
Ketua Fraksi PAN, Hanafi Sewang Jadi Pemateri pada Kuliah Umum DPM STIE YAPTI Jeneponto
Baca Juga

“Ketika mahasiswa mampu melihat secara kritis kondisi sosial yang ada, maka mahasiswa bisa mengupayakan perubahan agar masyarakat hidup dalam kondisi yang lebih ideal,” ungkap Hanafi Sewang.

Selain itu, Hanafi juga memaparkan peranan mahasiswa dalam memerangi korupsi. Sejarah menunjukkan bahwa dinamika bangsa ini tidak lepas dari peran mahasiswa. 

“Walaupun jaman terus bergerak dan berubah, namun tetap ada yang tidak berubah dari mahasiswa, yaitu semangat dan idealisme. Mahasiswa harus berpandangan bahwa korupsi adalah musuh utama bangsa Indonesia dan harus diperangi,” tegas Hanafi Sewang.

menurutnya, jika menilik lebih dalam, hakekat dari mahasiswa merupakan peserta didik, dimana mahasiswa diproyeksikan nantinya bisa menjadi birokrat, legislatif, pengusaha, dan berbagai profesi lainnya.

“Untuk itu, mahasiswa dituntut untuk memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Dengan berbekal hal-hal tersebut, mahasiswa akan dapat menjadi agen pembaharu yang handal, yang menggantikan peran-peran pendahulunya di masa yang akan datang,” terangnya.

Hanifi menambahkan,  Di sisi lain, mahasiswa juga mempunyai peran untuk melakukan kontrol sosial terhadap penyimpangan yang terjadi terhadap sistem, norma, dan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat.

“Mahasiswa juga dapat berperan dalam mempengaruhi kebijakan publik dari pemerintah agar dapat melakukan perbaikan terhadap kondisi yang ada kearah yang lebih baik. Untuk itu, kami berharap kepada mahasiswa.agar kedepan bisa menjadi penerus yang tentunya dapat berkontribusi kepada bangsa, agama dan daerah yang kita cintai ini,” tutup Hanafi Sewang.