Ketua TP PKK Jeneponto Paparkan Materi Soft Skill pada Pelatihan Kejuruan di UPT BLK

Terkini.id, Jeneponto – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Jeneponto, Hj Hamsiah Iksan bawakan materi Soft Skill pada pelatihan kejuruan di unit pelaksana teknis balai latihan kerja (UPT BLK) di jalan Abdul Jalil Sikki, Kelurahan Balang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa, 15 Maret 2022.

Soft Skill menurut Hj Hamsiah Iksan, atribut diri serta kemampuan berkomunikasi yang merupakan sifat bawaan dan tidak dipelajari secara formal. 

“Soft Skill ini merupakan aspek penting dalam kesuksesan karir. Pasalnya, setiap pekerjaan membutuhkan keterlibatan orang lain,” kata Hj Iksan Iskandar.

Ketua TP PKK Jeneponto Paparkan Materi Soft Skill pada Pelatihan Kejuruan di UPT BLK Kabupaten Jeneponto

Baca Juga: BPJS Kesehatan Jeneponto Dorong Universal Health Coverage Dangan Kerjasama Kejari

Lebih lanjut, Hj Hamisiah Iksan memaparkan kesempatan laki-laki dan perempuan dalam dunia Kerja.

“Gender merupakan perbedaan yang terlihat antara laki-laki dan perempuan. apabila dilihat dari nilai dan tingkah laku, Gender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial maupun budaya,” jelas Hj Hamsiah Iksan.

Ketua DPC partai Gerindra Jeneponto, Andi Baso Sugiarto

Baca Juga: DPD PAN Jeneponto Rekomendasikan 8 Nama Calon Presiden, 3 Gubernur

Peran Wanita didunia kerja, kata Hj Hamsiah Iksan, Perempuan berperan sebagai ibu, istri, petani, pengelola perusahaan, pekerja sukarela dan bahkan sebagai pemimpin dalam Pemerintahan.

“Lebih dari itu peran perempuan di Indonesia pada umumnya, telah sangat berperan dalam bidang politik dan pemerintahan, seperti Presiden, Menteri, Gubernur,m, Bupati, Camat, serta Kepala Kelurahan dan Desa,” ujarnya.

Ketua TP PKK Jeneponto Paparkan Materi Soft Skill pada Pelatihan Kejuruan di UPT BLK Kabupaten Jeneponto

Sedangkan peran perempuan dalam pembangunan, ia menjelaskan, Perempuan bisa menjadi aktor strategis di dalam pembangunan. 

Baca Juga: DPD PAN Jeneponto Rekomendasikan 8 Nama Calon Presiden, 3 Gubernur

“Tidak hanya pembangunandi desa-desa, tetapi juga pembangunan secara nasional, yang dapat mengubah kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera,” terang Hj Hamsiah Iksan.

Ketua Dewan Pendidikan Jeneponto itu juga memaparkan kontribusi perempuan dalam pembangunan ekonomi, yang mengatakan fi Indonesia, perana perempuan dalam perekonomian semakin signifikan. 

“Pada sektor UMKM, 53,76 persenya dimiliki oleh perempuan, dengan 97 persen karyawannya adalah perempuan, dan kontribusi dalam perekonomian 61 persen. Di bidang investasi, kontribusi perempuan mencapai 60 persen.

Ketua TP PKK Jeneponto Paparkan Materi Soft Skill pada Pelatihan Kejuruan di UPT BLK Kabupaten Jeneponto

Diakhir pemaparannya, Hj Hamsiah Iksan, menyampaikan, kesempatan laki-laki dan perempuan dalam dunia Kerja, yang menyebut, apabila seluruh persyaratan untuk pengembangan karir telah terpenuhi, maka baik karyawan laki-laki maupun karyawan perempuan sama-sama memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti pengembangan karir. Hal ini dapat menjadi kekuatan bagi karyawan untuk dapat mengembangkan karirnya.

“Saat ini peran perempuan dalam dunia kerja telah mendapat posisi yang sama dengan laki-laki sesuai dengan porsi tugas dan kemampuan yang dimiliki. Kekuatan bangsa didunia terletak pada kemampuan sebuah negara memposisikan kaum perempuan pada posisi yang baik dan tidak termarjinalkan,” tutup Hj Hamsiah Iksan.

Bagikan