Buka Musrenbang RKPD 2023, Bupati Jeneponto Harap ini

Terkini.id, Jeneponto – Bupati Iksan Iskandar buka Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 tingakat Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Musrenbang itu berlangsung di ruang Pola Panrannuanta, kantor Bupati di jalan Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Jeneponto, Senin, 28 Maret 2022.

Hadiri, Gubernur Sulsel yang diwakili Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan Ashari Fakhsirie Radjamilo, Anggota DPRD Sulsel, Mulyadi Mustamu, Ketua dan anggota DPRD Jeneponto, unsur Forkopimda, beberapa Kepala OPD,  para Camat dan Kepala Kelurahan dan Desa.
 
Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar dalam sambutannya mengatakan, rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam pembangunan daerah yang diselesaikan melalui pendekatan tematik, holistik, integratif dan spasial.

Baca Juga: Bupati Hadiri Malam Ramah Tamah, Berterima Kasih Kepada Paskibraka dan...

“Secara substansi memuat arah kebijakan ekonomi dan keuangan daerah, rencana program, kegiatan, sub kegiatan, indikator kinerja, dan kerangka pendanaan yang wajib dilaksanakan dalam satu tahun,” kata Iksan Iskandar.

Lebih lanjut Iksan Iskandar menyampaikannya, secara normatif, Musrenbang RKPD menjadi dasar penyusunan kebijakan umum APBD (KUA) dan PPAS yang akan diusulkan oleh kepala daerah untuk dibahas dan sepakati bersama dengan DPRD, sebagai landasan penyusunan RAPBD.

Baca Juga: Bupati, Wabup Bertindak Selaku Inspektur Upacara Gladi Bersih Pengibaran, Penurunan...

“Secara operasional, memuat arahan untuk peningkatan kinerja pemerintahan dibidang pembangunan, pelayanan, pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan daerah,” jelasnya.

Prioritas pembangunan lewat Musrenbang tingkat kabupaten Jeneponto menjadi atensi bupati Jeneponto, Iksan Iskandar.

”Alhamdulillah, Musrenbang kali ini mengangkat tema yang sangat baik dan dilaksanakan setelah melalui serangkaian hasil Musrenbang tingkat Kecamatan,” terang Iksan.

Baca Juga: Bupati, Wabup Bertindak Selaku Inspektur Upacara Gladi Bersih Pengibaran, Penurunan...

Bupati Jeneponto dua periode itu berharap Musrenbang dapat menghasilkan program prioritas yang sangat dibutuhkan dalam mewujudkan visi misi Pemerintah Jeneponto.

“Agenda penajaman prioritas disemua level diharapkan dapat bersinergi untuk optimis bangkit dari situasi pandemi ini, termasuk optimisme dalam pemulihan ekonomi lokal yang berimplikasi pada pemulihan ekonomi nasional melalui aktivitas-aktivitas ekonomi produktif, pemberdayaan, dan penguatan sosial serta menjaga kondusivitas wilayah,”ujarnya.

Menurutnya, Musyrenbang RKPD tahun 2023 dimaksudkan sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

“Substansi RKPD tahun 2023 yang meliputi prioritas dalam pembangunan daerah, arah kebijakan, tujuan, sasaran serta program kegiatan yang harus didesign secara harmonis dengan mengacu pada kerangka pembangunan nasional dan regional,” tutup Iksan Iskandar.

Bagikan