Pemkab Jeneponto Serahkan LKPJ 2021 Kepada DPRD, Ini Penyampaian Bupati

Terkini.id, Jeneponto – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2021 kepada DPRD.

Penyerahan LKPJ itu dilaksanakan dalam rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jeneponto yang dipimpin Ketua DPRD, Arifuddin.

Hadir Bupati, Iksan Iskandar, Wabup, Paris Yasir, Wakil Ketua DPRD, Imam Taufiq Bohari, Unsur Forkopimda dan anggota DPRD Jeneponto, Pj Sekda, beberapa Kepala OPD dan Camat.

Baca Juga: Bupati Lepas Peserta Lomba Jeneponto Drum Korps Compotition

LKPJ tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar kepada Ketua DPRD Jeneponto l Arifuddin, dalam diruang rapat Paripurna gedung DPRD Jeneponto, Selasa, 12 April 2022.

Penyerahan LKPJ dilakukan setelah dibacakan dihadapan pimpinan dan anggota DPRD Jeneponto dan unsur Forkopimda.

Baca Juga: Bupati Buka LKD I Fatayat NU Cabang Jeneponto

Dalam sambutannya, Bupati, Iksan Iskandar menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD, atas peran dan kerjasama yang baik selama ini. sehingga berbagai agenda pemerintahan dapat berjalan dengan lancar dan sukses. 

“Penyampaian LKPJ Bupati tahun 2021, merupakan amanat konstitusional kepala daerah kepada DPRD sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” kata Iksan Iskandar

Menurutnya, laporan keterangan pertanggungjawaban yang disampaikan itu adalah gambaran pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun anggaran 2021.

Baca Juga: Bupati Buka LKD I Fatayat NU Cabang Jeneponto

“Anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2021 sebagai refleksi formal penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, secara garis besar terdiri dari 3 komponen anggaran, yaitu pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Jeneponto dua periode itu menyampaikan capaian yang mengalami peningkatan signifikan di tahun 2021. Diantaranya mengenai sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan (SAKIP).

“Distem itu merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan dengan capaian predikat B, dimana sebelumnya masih CC,” terang Iksan Iskandar.

Iksan juga menyampaikan pencapaian target dalam pelaksanaan roda pemerintahan pada tahun 2021.

“Alhamdulillah, beberapa target kinerja pemerintahan pada tahun 2021 telah dicapai, itu berkat kerjasama dan komunikasi efektif antar sektor yang terjalin dengan baik selama ini,” tutup Iksan Iskandar.

Setelah prosesi penyerahan laporan pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati tahun 2021 dan penandatanganan berita acara, rapat Paripurna di lanjutkan dengan penyampaian pandangan umum beberpa Fraksi.

Bagikan