Ketua Komite, Aktivis Minta Kepala UPTD SDN 7 Turatea Dicopot, Kadisdikbud Bilang ini

Terkini.id, JenepontoKetua komite unit pengelola teknis sekolah dasar negeri (UPT SDN) 7 Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Salehuddin Tola angkat bicara terkait dugaan arogan Kepala Sekolah, Hj Sarigowa kepada guru bantunya.

Salehuddin Rola sangat menyayangkan tindakan Kepala UPT SDN 7 Turatea, Hj Sarigowa yang diduga melontarkan kalimat tidak akan menandatangani berkas kenaikan pangkat guru bantunya.

“Kalau pendapat saya, figur Kepala sekolah itu tidak senang dengan gurunya, artinya selama ini selalu keras cara bicaranya dan tidak sesuai dengan harapan para guru,” kata Salehuddin Rola saat dikonfirmasi lewat telepon selulernya, Jumat, 20 Mei 2022.

Baca Juga: Perkuat Pemahaman Penyelesaian Sengketa, Ketua Bawaslu Jeneponto Bilang ini

Menurutnya, untuk lebih baiknya, Kepala UPT SDN 7 Turatea, Hj Sarigowa digeser dari SDN yang bernama SDN 88 Bontosunggu Paitana.

“Kalau bisa Kepala sekolah dasar geser saja, supaya guru-guru bisa tenang mengajar, para orang tua siswa juga banyak yang mengeluh,” ungkap Salehuddin.

Baca Juga: TPP Dikeluhkan, Kepala BPKAD Tunggu Kemendagri, Kinerja ASN? Aktivis Bilang...

Ia menambahkan, selama Hj Sarigowa menjabat Kepala UPT SDN 7 Turatea, dirinya selaku ketua komite tidak pernah diberitahukan jika ada kegiatan di sekolah.

“Tidak pernah ada pemberitahuan dari Kepala sekolah, jadi selama dia jadi kepala sekolah saya tidak pernah dilibatkan atau diberitahukan,” tegasnya.

Hal yang tegas juga diungkapkan oleh salah seorang aktivis di Jeneponto, yang menyangka sifat arogan Kepala UPT SDN 7 Turatea.

Baca Juga: TPP Dikeluhkan, Kepala BPKAD Tunggu Kemendagri, Kinerja ASN? Aktivis Bilang...

“Ini adalah warning kepada Kadis Pendidikan untuk tidak sembarang memberikan kepercayaan kepada oknum yang tidak mengedepankan etika sebagai Kepala Sekolah,” kata Salah seorang aktivis Jatong Jalarambang.

Jatong yang juga selaku Ketua Lembaga Dewan Pergerakan Revolusi Rakyat (DPRD) meminta Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto untuk mengambil langkah tegas.

“Langkah tegas yang dimaksudkan adalah mencopot Hj Sarigowa dari jabatannya sebagai Kepala UPT SDN 7 Turatea. Tentunya jika Kadisdikbud Jeneponto tidak secepat mengambil langkah tegas seperti biasanya kita akan konsolidasikan untuk turun aksi,” tegas Jatong.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto, Nur Alam Basir saat dikonfirmasi lewat telepon selulernya menegaskan akan secepatnya mengambil langkah.

“Saya akan cek langsung kelapangan. Di dunia pendidikan kita tidak mengenal sifat arogan, tidak boleh seorang pendidik itu tidak boleh arogan, jika benar  begitu adanya kita akan mengambil langkah tegas,” terang Nur Alam Basir.

Bagikan