Bupati Jeneponto Pantau Pelaksanaan Perbaikan RTLH
Komentar

Bupati Jeneponto Pantau Pelaksanaan Perbaikan RTLH

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Bupati H. Iksan Iskandar launching penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Dusun Kalongerasa, Desa Turatea  Timur, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Kamis, 2 Juni 2022.

Hadir, Wakil Bupati H. Paris Yasir, Ketua DPRD, Arifuddin, Rektor Universitas Bosowa Prof. Batara Surya, beberapa Kepala OPD, Camat Tamalatea dan Kepala Desa Turatea Timur

Penanganan RTLH dengan program Antama Ballaki Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Jeneponto    

Dalam kegiatan  itu, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar mengapresiasi pelaksanaan program Antama Ballaki oleh Dinas Perkimtan. 

“Kami sangat mengapresiasi penanganan RTLH yang dilaksanakan Dinas Perkimtan, dengan program antama ballaki ini, ratusan keluarga yang sebelumnya tinggal di RTLH akan menikmati rumah layak huni (RLH),” kata Iksan Iskandar.

Baca Juga

Kepala Dinas Perkimtan Jeneponto, Alfian Syam dalam laporannya menyampaikan, penanganan RTHL dilaksanakan dengan beberapa sumber dana. 

“Sebanyak 629 unit akan RTLH di Kabupaten Jeneponto akan ditangani untuk menjadi rumah layak huni (RLH), dari 629 unit RTLH itu, 503 unit anggarannya bersumber dari APBN, 100 unit dari APBD, 20 unit dari Pemerintah Provinsi, 3 unit dari PT. PLN dan 3 unit dari LSM,” ungkap Alfian Syam

Lebih lanjut, Alfian Syam mengatakan, penanganan 629 RTLH di kerjakan dengan semangat gotong royong.

“Alhamdulillah dalam program ini kita melibatkan Multistakholder guna merajut kolaborasi untuk memperbaiki RTLH,” tutup Alfian Syam.

Dalam kegiatan itu, Dinas Perkimtan Jeneponto melaunching beberapa program, diantaranya, program perbaikan/pembangunan RTLH program DAK/DAU korban bencana, perbaikan/pembangunan RTLH CSR PT. PLN, pembentukan Satgas bencana perumahan, pendataan dan verifikasi RTLH oleh KKN Universitas Bosowa, penggunaan aplikasi QRIS pada pembayaran rumah susun dan peduli RTLH melalui LSM.