Diverifikasi Lapangan Hybrid, Pemkab Jeneponto Optimis Raih KLA Madya

Terkini.id, Jeneponto – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto mengikuti mengikuti Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2022.

Verifikasi VLH dilaksanakan oleh tim verifikasi dari Deputi Bidang tumbuh kembang anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak secara virtual.

Pemkab Jeneponto mengukuti VLH diruang  kerja Bupati, Kantor Daerah Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Rabu, 15 Juni 2022.

Baca Juga: Ahli Waris Tanaga Honorer Pemkab Jeneponto Terima Santunan dari BPJS...

Kegiatan iitu dihadiri langsung oleh Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, unsur Forkopimda, Kepala Bappeda yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas KLA,  H. Masri, Kepala DP3A Hj. Farida, serta sejumlah Kepala OPD lainnya, Camat, Kepala Desa dan Lembaga pemerhati anak.

Dalam VLH itu, Ketua Gugus Tugas KLA Kabupaten Jeneponto, M Masri diberikan kesempatan untuk memaparkan keseriusan Kabupaten Jeneponto untuk menjadi Kabupaten Layak Anak 

Baca Juga: Bergerak Cepat Antisipasi PMK, Pemkab Jeneponto Gelar Rapat Koordinasi

Hal itu ditunjukkan dengan memaparkan Kategori Kabupaten Layak Anak yang terbagi dalam 5 klaster substantif Konvensi Hak Anak.

“5 klaster itu meliputi, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus,” jelas Masri.

Masri juga memaparkan, Pemerintah Kabupaten Jeneponto telah melakukan berbagai upaya pemenuhan 24 indikator.

Baca Juga: Bergerak Cepat Antisipasi PMK, Pemkab Jeneponto Gelar Rapat Koordinasi

“Berdasarkan 5 klaster substantif Konvensi Hak Anak, Alhamdulilah dari setiap Klaster ada sekitar 24 program yang telah dicapai, itu bukti keseriusan Pemkab Jeneponto untuk menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA),”jelasnya

Setelah penyampaian program KLA oleh Ketua gugus tugas, kegiatan dilanjutkan dengan proses tanggapan dan Verifikasi Lapangan oleh Tim Evaluasi KLA 2022.

Disela-sela VLH,  Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar juga turut memberikan paparan dan menyampaikan apresiasi kepada tim gugus tugas, OPD terkait serta stakeholders yang selama ini telah bekerja keras dalam mewujudkan Kabupaten Jeneponto menjadi KLA tahun 2022.

Iksan Iskandar sangat berharap agar hasil verifikasi lapangan dapat membawa Jeneponto menjadi Kabupaten Layak Anak.

“Insya  Allah berkat kerja sama dan semangat gotong-royong semua pihak yang terlibat. KLA 2022 tingkat madya dapat kita raih,” harapnya.

Bagikan