KPU Jeneponto Gelar PDPB Triwulan II dan Sosialisasi Aplikasi Lindungi Hakmu

Terkini id, Jeneponto – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto melaksanakan pemutahiran data pemilih berkelanjutan triwulan II tahun 2022 dan sosialisasi Sosialiasi Aplikasi Lindungi Hakmu.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam forum koordinasi eksternal yang berlangsung di Cafe Lino, jalan Ishak Iskandar, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Kamis, 23 Juni 2022.

Forum yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Jeneponto, Muhammad Alwi dihadiri, komisioner, Sekretaris KPU Jeneponto, Pimpinan Bawaslu, Perwakilan Kodim 1425, Polres Jeneponto, Lembaga Pemasyarakatan, Kesbangpol, para Camat, Disdukcapil, UPTD Wilayah VII Jeneponto-Takalar, Pemuda Muhammadiyah dan beberapa OPD lainnya.

Baca Juga: Silaturahmi Dengan Sekda, ini Yang di Bahas KPU Jeneponto

Sekretaris KPU Kabupaten Jeneponto, Anzar Hasanuddin dalam sambutannya mengatakan, Forum Koordinasi kali ini tidak jauh berbeda dengan rapat koordinasi ekternal PDPB sebelumnya yang sering kita laksanakan sekali setiap triwulan.

Pimpinan dan staf  Bawaslu Kabupaten Jeneponto

“Hanya saja hari ini kita laksanakan diluar lingkungan kantor KPU Kabupaten Jeneponto hal ini terus dilakukan sekaitan dengan berjalannya Tahapan Pemilu 2024,” kata Anzar.

Baca Juga: Meski Pandemi Covid-19, KPU Jeneponto Gelar� Lomba Tradisional Meriahkan HUT...

Anzar juga menyampaikan, kegiatan forum koordinasi bersama stakeholder terkait itu dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan yakni Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dan Sosialisasi Aplikasi Lindungi Hakmu.

“Dimana kegiatan ini terlaksana yang pendanaannya bersumber dari Dipa APBN Tahun 2022,” ungkap Anzar Hasanuddin.

Ketua KPU Jeneponto, Muhammad Alwi, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan kali ini merupakan kegiatan kedua kalinya selama dimulainya tahapan pemilu 2024 sejak tanggal 14 Juni 2022 yang lalu. 

Baca Juga: Meski Pandemi Covid-19, KPU Jeneponto Gelar� Lomba Tradisional Meriahkan HUT...

“Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan gambaran yang utuh proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB) yang telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Jeneponto sekali setiap triwulan,” jelasnya.

Para Kepala Wilayah Kecamatan di Jeneponto

Alwi berharap kepada stakeholder terkait, agar dapat bersinergi dan selalu berkoordinasi dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan sehingga dapat di peroleh data pemilih yang selalu update dan akurat.

“Akurasi dan validitas data pemilih menjadi masalah yang berulang pada setiap tahapan pemilu. KPU , melakukan langkah baru untuk meminimalkan permasalahan klasik terkait data pemilih melalui Aplikasi “Lindungi Hakmu,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya Aplikasi Lindungi Hakmu, masyarkat bisa mengecek terdaftar atau tidak sebagai pemilih pada Pemilu 2024 melalui Aplikasi Lindungi Hakmu. 

“Dan juga bisa melaporkan baik perubahan elemen data pemilih maupun melaporkan pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat (TMS) meninggal,” pungkasnya.

Aplikasi Lindungi Hakmu menurut, Alwi memiliki 4 (empat) fitur yang bisa digunakan, seperti Cek Data Pemilih, Rekapitulasi Data, Daftar Jadi Pemilih, serta Melaporkan Data TMS.

“Jadi Aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat untuk dapat mengecek data pemilih, khususnya masyarakat dapat mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau tidak,” terang Alwi.

Bagikan