Optimalkan Kerja Kehumasan, Bawaslu Jeneponto Gelar Rakor Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi
Komentar

Optimalkan Kerja Kehumasan, Bawaslu Jeneponto Gelar Rakor Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto melaksanakan rapat koordinasi fasilitasi publikasi dan dokumentasi. 

Rapat tersebut dilaksanakan di Media Center Bawaslu Kabupaten  Jeneponto, jalan Ishak Iskandar, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Rabu, 13 Juli 2022.

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh ketua Bawaslu, Saiful, hadir anggota Bawaslu, Koordinator Sekretariat dan Staf PNS, PPNPNS Bawaslu Jeneponto.

Rapat itu juga dihadiri lewat daring oleh, anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan,Saiful Jihad.

Mengawali Rakor tersebut, anggota Bawaslu Provinsi Sulsel, Saiful Jihad memberikan arahan untuk data dan dokumen seluruh kerja-kerja  pengawas pemilu.

“Bawaslu dalam berkegiatan harus dapat terdokumentasikan dengann baik dan menjadi data Pemilu selanjutnya,” kata Saiful Jihad.

Ketua Bawaslu Jeneponto Saiful, dalam arahannya menyampaikan, Bawaslu adalah lembaga publik, sehingga  berkewajiban memberikan informasi yang terbuka kepada publik.

Optimalkan Kerja Kehumasan, Bawaslu Jeneponto Gelar Rakor Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi
Optimalkan Kerja Kehumasan, Bawaslu Jeneponto Gelar Rakor Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi

“Bawaslu berkewajiban terbuka untuk publik, diantaranya terbuka melalui pengelolaan dokumentasi dan publikasi, segala aktifitas Bawaslu harus sampai ke publik, oleh karena itu aktifas-aktifitas pengawasan, penangananan pelanggaran dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas dan fungsi Bawaslu baik kerja-kerja dibagian SDM, Pengawasan, dan Penanganan pelanggaran harus terdokumentasi dengan baik dan terpublikasi kepublik,” tegas Saiful.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan, aktivitas-aktivas Bawaslu masih dominan menggunakan media internal, melalui website, fb, IG, youtube, dan mitra dengan media eksternal. Kerja-kerja kita masih perlu melibatkan beberapa media untuk publikasi lewat menulis buku, jurnal, buletin, diskusi rutin, podcast dan media lainnya.

“Tujuannya adalah secara internal akan memberikan kemudahan bagi kita atas setiap dokumen yang dibutuhkan dan bagi publik bisa mendapatkan banyak informasi kepemiluan,” terang Saiful.

Anggota Bawaslu Jeneponto, yang juga selaku Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Hamka, pada kesempatan itu menyampaikan, semua lini di Bawaslu harus bergerak bersama untuk kepentingan kelembagaan. 

“Kami berharap melalui kegiatan hari ini seluruh staf Bawaslu Jeneponto dapat bersinergi, untuk masing-masing divisi bisa membuat berita untuk setiap kegiatannya tanpa harus kami para pimpinan ingatkan kembali,” jelasnya.

Menurutnya, optimalisasi dalam kerja humas sangat diperlukan, untuk itu sekiranya perlu keterlibatan semua dalam mempublikasikan setiap Bawaslu bergiatan.

“Kita perlu memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan kerja-kerja pelayanan publik melalui media sosial yang dimiliki lembaga, diantaranya Instagram, Twitter, Facebook, dan website. Sehingga hal ini menjadi prioritas dalam melaksanakan fungsi kerja kehumasan Bawaslu Jeneponto,” tutup Hamka.