IAS Inspektur Upacara HUT ke 77 Kemerdekaan RI di Puncak Bonto Lojong
Komentar

IAS Inspektur Upacara HUT ke 77 Kemerdekaan RI di Puncak Bonto Lojong

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Mantan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) peringati HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)di Agrowisata Bonto Lojong, Desa Ujung Bulu, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Rabu, 17 Agustus 2022.

Pada momentum itu, Ilham Arief Sirajuddin bertindak sebagai inspektur upacara dalam upacara memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kehadiran Ilham Arief Sirajuddin di Agrowisata Bonto Lojong dalam rangka Camping Merdeka Road To Bontolojong.

Ilham Arief Sirajuddin dalam amanahnya menyampaikan hari ini 17 Agustus 2022 yang ke- 77 tahun. Pejuang-pejuang Bangsa telah mengorbankan seluruh apa yang dimiliki untuk satu tujuan yaitu untuk mendapatkan kemerdekaan.

“Peristiwa itu menjadi renungan buat kita, lanjut IAS dan hari ini kita jauh dari 
hirup pikuk perkotaan, kita ada di satu desa di Kabupaten Jeneponto tepatnya di Desa Ujung Bulu, dipuncak Agrowisata Bonto Lojong, disini kita berkumpul dan merenungkan apa yang sudah dilakukan para pejuang-pejuang kita pada 77 tahun yang lalu,” kata Ilham Arief Sirajuddin.

Renungan itu menurut Ilham Arief Sirajuddin merupakan bagian dari pada apresiasi untuk memikirkan bagaimana kemerdekaan Bangsa Indonesia tetap diisi dengan inovasi dan kreativitas dalam mewujudkan cita-cita Bangsa.

“Saya tau masyarakat Desa Ujung Bulu mungkin belum merasa kemerdekaan, belum dicapai secara hakiki, tetapi yakin dan percaya bangsa ini ingin selalu menjadi satu tujuan sebagaimana amanah dalam Undang-undang dasar 1945 yang negara ingin membawa masyarakat sejahtera,”ungkap Ilham Arief Sirajuddin.

Ilham Arief Sirajuddin menambahkan, renungan di agrowisata Bonto Lojong bisa menjadi renungan yang memotivasi semua yang hadir dalam mengisi Kemerdekaan Indonesia dengan mewujudkan Agrowisata Bonto Lojong menjadi agrowisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

“Mudah-mudahan kita menjadi bagian orang-orang yang bisa mengisi kemerdekaan itu untuk mencapai kemerdekaan yang hakiki bagi rakyat Indonesia. Khususnya dengan membawa agrowisata Bonto Lojong di kenal oleh wisatawan mancanegara,” harapnya.

Terima kasih atas seluruh saudara-saudara terlebih khusus kepala Desa Ujungbulu yang saya banggakan yang saya hormati dan aparat desa, serta para sahabat-sahabat Bontolojong yang sudah berjuang dan bisa melaksanakan upacara pengibaran bendera merah yang sangat berbeda dengan yang lain.

 “Ini salah satu perjuangan kalian bagaimana bisa membentangkan bendera yang panjangnya 77 meter yang diarak dari perkampungan menuju agrowisata Bontolojong yang jaraknya sepanjang kurang lebih 7l6 kilometer,” tutup Ilham Arief Sirajuddin.