Bupati Jeneponto Buka Manasik Haji, Ketua Komisi VIII DPR RI Harap ini
Komentar

Bupati Jeneponto Buka Manasik Haji, Ketua Komisi VIII DPR RI Harap ini

Komentar

Terkini.id, Jeneponto, Bupati Iksan Iskandar membuka secara resmi bimbingan manasik haji Tingkat Kabupaten Jeneponto 1444 Hijriah tahun 2023 Masehi. Ketua Komisi VIII DPR RI Harap JCH ikuti dengan sempurna.

Kegiatan yang dilaksanakan Kementerian Agama Jeneponto itu berlangsung di ruang Pola Panrannuangta, kantor Bupati si jalan Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kamis, 4 Mei 2023.

Tampak hadir, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Kabag TU Kanwil Kemenag Prov Sulsel Ali Yafid, Wakil Bupati Paris Yasir, Kakann Kemenag Jeneponto, H Saharuddin, Sekda Arifin Nur dan 348 jamaah calon haji Kabupaten Jeneponto.

Kakan Kemenag Jeneponto, Saharuddin mengatakan, bimbingan manahaji itu dan ikuti 348 orang jamaah calon haji.

Bupati Jeneponto Buka Manasik Haji, Ketua Komisi VIII DPR RI Harap ini
Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi/S.Bachtiar

“Kita sangat mengharapkan jamaah calon haji dapat mengikuti manasik ini dengan baik agar dapat memahami kewajiban dan Sunnah yang harus dilaksanakan saat berada di tanah suci,” kata H Saharuddin.

Baca Juga

Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel, Ali Yafid menyampaikan maksud dan tujuan bimbingan manasik haji.

Bupati Jeneponto Buka Manasik Haji, Ketua Komisi VIII DPR RI Harap ini
Kakan Kemenag Kabupaten Jeneponto, H Saharuddin

“Kegiatan ini tentunya dilaksanakan untuk memberikan pembinaan agar jamaah calon haji mampu mandiri serta memahami manasik haji secara sempurna. Calon jamaah haji harus memahami tentang pelaksanaan dan perjalanan haji,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar dalam sambutannya berharap agar jamaah calon haji dapat menjaga kesehatan.

“Ikuti manasik ini dengan baik, jaga kesehatan serta persiapkan mental yang baik agar nantinya dapat melaksanakan perjalanan haji,” terang Iksan Iskandar.

Bupati Jeneponto Buka Manasik Haji, Ketua Komisi VIII DPR RI Harap ini
Kabag TU Kanwil Kemenag Prov Sulsel Ali Yafid/S.Bachtiar

Sedangkan Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi dalam arahannya menyampaikan, Data daftar tunggu jamaah calon haji Indonesia sebanyak 5.300.000.

“Ternyata antrian yang yang cukup panjang di Sulawesi Selatan, hal ini tentunya tidak akan menyurutkan semangat jamaah calon haji, karena cepat atau lambat yang penting kita sudah berniat untuk berhaji, olehnya itu sekali lagi saya tekankan ikuti secara sempurna manasik haji ini karena haji itu di samping kemampuan fisik, kemampuan ekonomi, juga yang paling penting adalah kemampuan pengetahuan,” ungkap Ashabul Kahfi.

Pada kesempatan itu, Legislator partai PAN itu juga menyampaikan jumlah biaya haji tahun 2023.

“Teman-teman di Komisi VIII DPR RI telah berjuang melakukan komunikasi dengan Pemerintah, sehingga ditetapkan biaya haji dari Ro 69 juta yang ditetapkan Pemerintah turun menjadi Rp 49 juta,” tutup Ashabul Kahfi.