SAPMA Desak Dispora Jeneponto Tranparansi Pengalokasian Dana Hibah
Komentar

SAPMA Desak Dispora Jeneponto Tranparansi Pengalokasian Dana Hibah

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Satuan Siswa dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila melakukan audiens dengan Kadis, Sekretaris dan Kabid Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jeneponto, Kamis, 8 Juni 2023.

Dalam audiens itu, SAPMA Pemuda Pancasila mendesak Dispora untuk membuka ruang kepada semua organisasi kepemudaan yang Adan di Kabupaten Jeneponto.

“Dispora tak hanya sebagai tempat konsolidasi organisasi secara internal, tetapi juga menjadi rumah untuk menampung dan memperjuangkan aspirasi Pemuda,” kata Ketua SAPMA PP Jeneponto, Hasan Walinono.

Dengan tegas, Hasan mengatakan, diperlukan adaptasi dan penyesuaian diri pada tubuh Dinas Pemuda dan Olahraga, karena dia menilai perlunya perubahan mendasar di internal Dispora.

“Pemuda di Jeneponto sangat berpotensi, untuk itu, jika ingin melihat potensi pemuda di Butta Turatea, maka Dispora harus membuka lebar ruang komunikasi terhadap semua pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan yang di Jeneponto,” tegasnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Hasan mengatakan, Pemerintah dalam hal ini Dispora harus membangun komitmen untuk berkalaborasi dengan semua OKP.

“Kalau pihak Dispora, khususnya Kepala Dinas tidak mampu bersinergi terhadap pemuda, maka dengan segala hormat kami menegaskan untuk mundur dari jabatannya, karena Dispora harus berpikir untuk keberlangsungan program kerja yang telah diprogramkan oleh organisasi kepemudaan di Jeneponto,” terangnya.

Hasan mengatakan itu, karena SAPMA PP harus hadir di tengah-tengah kepentingan bersama Pemuda untuk pemahaman atas perubahan yang terjadi.

“Melalui audince ini, kami mempunyai harapan agar pihak Dispora mulai membuka ruang kepada seluruh Pemuda, yang tak hanya digunakan untuk membicarakan kepentingan sepihak saja, tetapi juga membicarakan kepentingan Seluruh Pemuda,” ungkap Hasan Walinono.

Selain itu, kata Hasan, SAPMA PP Jeneponto akan tetap mengawal progres Dispora sebagai bentuk kepedulian terhadap pemuda.

“Mengawasi anggaran yang dialokasikan kepada OKP, perlu ada evaluasi agar internal dari Dispora yang lebih proaktif dalam memberdayakan pemuda, untuk itu Disira harus berupaya, berjuang untuk penambahan alokasi dana hibah kepemudaan sebagai bentuk asas keadian kepada seluruh OKP,” ujarnya.

Selain itu, SAPMA PP Jeneponto meminta kepada Dispora agar pemberdayaan pemuda melalui alokasi bantuan dana hibah harus transparan dan perlu dilakukan sosialisasi yang logis dan massif.

“Kita butuh agenda pelibatan seluruh komponen kepemudaan dalam memaksimalkan peran dan fungsi Dispora sebagai OPD yang menangani kepemudaan dan pengembangan potensi Dispora melalui layanan media komunikasi yang massif,” tutup Hasan.