Aplikasi SRIKANDI Diluncurkan Pemkab Jeneponto, untuk Efektivitas Pengelolaan Arsip
Komentar

Aplikasi SRIKANDI Diluncurkan Pemkab Jeneponto, untuk Efektivitas Pengelolaan Arsip

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jeneponto berupaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip. Hal itu ditandai dengan peluncuran Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) tingkat Kabupaten Jeneponto.

Peluncuran Aplikasi SRIKANDI diluncurkan secara resmi oleh Wakil Bupati H. Paris Yasir, di ruang Pola Panrannuangta, jalan Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Rabu, 14 Juni 2023.

Peluncuran aplikasi itu dihadiri, Unsur Forkopimda dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Jeneponto.

Hal itu dilakukan oleh Pemkab Jeneponto untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip di tingkat pemerintahan daerah, sebagaimana yang diamanatkan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE.

“Peraturan Presiden itulah yang menjadi rujukan bagi seluruh instansi pemerintah daerah dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan. Aplikasi ini bertujuan untuk menggantikan sistem manual dalam pengarsipan dan pengelolaan dokumen di berbagai unit kerja pemerintah Kabupaten Jeneponto,” kata Paris Yasir.

Paris Yasir mengapresiasi seluruh pihak, khususnya penyelenggara kegiatan ini atas prakarsa dan upaya bersama dalam mewujudkan sistem kearsipan dan persuratan yang berbasis elektronik.

“Ini merupakan langkah konkret pemerintah dalam menerapkan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan publik dan efisiensi birokrasi. Saya yakin bahwa dengan aplikasi SRIKANDI ini, proses pengarsipan dan pengelolaan dokumen akan menjadi lebih terstruktur, terpadu, dan mudah diakses oleh seluruh unit kerja pemerintah,” jelas Paris Yasir.

Lebih lanjut, Paris Yasir mengungkapkan, peluncuran Aplikasi SRIKANDI merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Jeneponto dalam mengadopsi teknologi informasi untuk memodernisasi sistem administrasi dan pelayanan publik.

“Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Jeneponto, kami meminta kepada seluruh instansi lingkup Pemkab Jeneponto untuk aktif dalam penerapan aplikasi SRIKANDI. Ini salah satu upaya dalam mewujudkan pemerintahan yang modern dan responsif,” tegas Paris.

Paris berharap, dengan adanya aplikasi SRIKANDI, dapat tercipta sinergi antar instansi dalam pengarsipan dan pertukaran informasi yang efektif. Pemerintah Kabupaten Jeneponto telah menetapkan langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi SRIKANDI.

“Salah satu langkah yang dilakukan yakni, membentuk tim pengawas dan pengelola aplikasi yang bertugas memantau dan mengelola penggunaan aplikasi SRIKANDI secara berkelanjutan. Tim ini akan berperan dalam pemeliharaan sistem, peningkatan fitur, dan memberikan bimbingan kepada pengguna,” ungkap Paris Yasir.

Ia menambahkan, peluncuran aplikasi SRIKANDI ini sebagai langkah maju dalam transformasi digital Pemerintah Kabupaten Jeneponto dalam berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan publik dan efisiensi birokrasi melalui pemanfaatan teknologi informasi yang inovatif.

“Tentunya melalui penggunaan aplikasi SRIKANDI ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan arsip pemerintah. Dengan sistem informasi yang terintegrasi, proses pengarsipan dan pencarian dokumen menjadi lebih terstruktur dan terdokumentasi dengan baik sehingga dapat meminimalisir risiko kehilangan atau penyimpangan dokumen penting,” tutup Paris.