Pj Bupati Jeneponto Buka Bimtek ARKAS Kepala Sekolah dan Bendahar TK PAUD Angkatan I
Komentar

Pj Bupati Jeneponto Buka Bimtek ARKAS Kepala Sekolah dan Bendahar TK PAUD Angkatan I

Komentar

Terkini, Jeneponto – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Kabupaten Jeneponto melaksanakan kegiatan Bimbingan teknik Aplikasi Rencana Kerja Anggaran Sekolah (Arkas) BOP PAUD tahun anggaran 2024.

Bimbingan teknik Aplikasi Rencana Kerja Anggaran Sekolah (Arkas) BOP PAUD tahun anggaran 2024 angkatan I dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Makassar, Selasa, 4 Juni hingga 6 Juni 2024.

Bimtek yang diikuti Kepala dan Bendahara TK PAUD se Kecamatan Binamu dan Turatea dibuka langsung oleh Pj Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri.

Hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto, Uskar B, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF), Hj Nurhayati berserta jajarannya.

Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF), Hj Nurhayati mengatakan, ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) adalah sistem yang disediakan oleh Kemdikbudristek berbentuk aplikasi yang dapat diinstal di perangkat komputer milik satuan pendidikan.

“ARKAS dikembangkan untuk membantu satuan pendidikan dalam melaksanakan administrasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana bantuan operasional,” kata Hj Nurhayati.

Lebih lanjut Hj Nurhayati mengatakan, ARKAS merupakan aplikasi tunggal satuan pendidikan untuk perencanaan, penatausahaan, dan pelaporan dana BOP yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

“Artinya, satuan pendidikan yang menggunakan Aplikasi selain ARKAS diharapkan segera beralih ke ARKAS,” jelasnya.

Pj Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto.

“Kegiatan ini tentunya merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi Kepala sekolah dan bendahara dalam rangka meningkatkan tata kelola dan anggaran sekolah,” ungkap Junaedi.

Junaedi Bakri juga memotivasi Kepala Sekolah TK PAUD untuk tetap semangat dalam mendidik anak-anak di usia dini.

“Tentu Kepala sekolah dan guru TK dan PAUD ini merupakan garda terdepan dalam pembentukan karakteristik anak, untuk itu tetap semangat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Jeneponto,” Tutup Junaedi Bakri