360 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka yang Dibuka Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir
Komentar

360 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka yang Dibuka Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir

Komentar

Terkini.id, Jeneponto – Sebanyak 360 siswa siswi dari SMA sederajat mengikuti seleksi Paskibraka yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati, Paris Yasir di gedung Sipitangarri, jalan Lanto Daeng Pasewang, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin, 13 Maret 2023.

Hadir dalam pembukaan, unsur Forkopimda, Kadis Pemuda dan Olahraga, Kepala Badan Kesbangpol, para Tim Seleksi dari TNI, Polri, PPI Provinsi dan Kabupaten, Ketua PPI.

Seleksi Paskibraka itu diikuti 360 siswa dan siswi dari SMA sederajat se Kabupaten Jeneponto.

Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir dalam sambutannya menyampaikan selamat dan sukses kepada tim dari Provinsi dan jajaran Pengurus Purna Paskibraka Indonesia serta semua unsur yang terkait dalam melaksanakan seleksi calon anggota Paskibraka tahun 2023.

360 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka yang Dibuka Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir
360 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka yang Dibuka Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir/S.Bachtiat

“Penghargaan yang setinggi-tingginya saya sampaikan pula kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan kegiatan seleksi Paskibraka ini,” kata Paris Yasir.

Baca Juga

Menurutnya, Paskibraka ini selain menunjukkan eksistensi daerah, juga menjadi kesempatan yang baik untuk membangun kompetensi pelajar selaku generasi muda yang tangguh, produktif, dan memiliki daya saing dan semangat nasionalisme yang tinggi.

“Semoga dengan seleksi ini akan menghasilkan calon Paskibraka yang cerdas dan terampil, dan mampu mengemban amanah seperti yang telah dijalankan oleh angggota Paskibraka di tahun-tahun sebelumnya,” jelas Paris.

Lebih lanjut, Paris mengatakan, Paskibraka telah menunjukkan peran yang baik sebagai pasukan pengibar bendera pusaka.

“Tentunya loyalitas dan integritasnya kepada Bangsa dan Negara tidak diragukan lagi,” ujarnya.

Paris juga mengatakan, setiap tahunnya wadah ini memiliki peran strategis pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

360 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka yang Dibuka Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir
360 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka yang Dibuka Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir/S.Bachtiat

“Sang Merah Putih adalah salah satu simbol Negara yang harus dibentangkan, dikibarkan dan diamankan oleh pasukan ini. Dan tidak semua memiliki kesempatan serta mampu untuk menunaikan tugas dan amanah yang mulia tersebut,” terangnya.

Seorang anggota Paskibraka, kata Paris Yasir, harus memiliki nyali dan kepercayaan diri yang tinggi, tampil gagah perkasa, mandiri, konsisten dan didukung oleh wawasan kebangsaan dan kadar intelegensia yang baik. 

“Harus mampu membaca situasi dan menyesuaikan diri dengan kondisi yang sedang terjadi,” pungkasnya.

Oleh karena itu, Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir yakin bahwa mereka yang telah mengemban amanah ini, memiliki karakter kepemimpinan yang kuat dan penampilan yang bersahaja dengan semangat nasionalisme yang tinggi dalam ikut serta menjaga keutuhan NKRI.

“Karena itu, proses seleksi ini adalah bagian penguatan sikap dan karakter. Bukan hanya fisik harus paripurna tetapi juga mental yang prima,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Seluruh peserta seleksi memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk lolos dalam proses ini.

“Untuk itu, kepada adik-adik sekalian, ikuti tahapan seleksi ini dengan baik. Bersaing secara sehat. Karena semua proses yang dijalankan oleh panitia dan tim seleksi akan dilaksanakan dengan jujur, adil dan sportif,” tutup Paris Yasir.