DPRD Jeneponto Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Pemkab 2023
Komentar

DPRD Jeneponto Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Pemkab 2023

Komentar

Pengentasan kemiskinan terus pula kita galakkan bersama. Saat ini sesuai data dari Badan Pusat Statistik, Persentase penduduk miskin di kabupaten Jeneponto, data per 30 November 2023 tercatat 13,06%. Jumlah ini turun 0,67 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang dilaporkan 13,73 persen.

Indeks Gini Rasio 0,340 atau ketimpangan sedang, dan tingkat inflasi 2,78 atau berada dalam kondisi normal. Pada tata kelola pemerintahan menunjukkan perbaikan yang signifikan, ditandai dengan capaian Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah-SAKIP oleh Kemenpan RB yang meraih Predikat B.

Pada Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik juga mendapatkan predikat Baik dengan nilai indeks 3,09 atau jauh meningkat dari tahun 2022.

“Pelayanan publik juga menunjukkan trend yang semakin positif dengan hasil survey menunjukkan Indeks Kepuasan Masyarakat atas pelayanan publik mencapai 79,59%. Akhir Tahun 2023, Lembaga Ombudsman R.I. juga menetapkan Pemkab Jeneponto sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik dengan Opini Kualitas Tinggi pada Zona Hijau dengan nilai indeks 82,98″, kata Junaedi.

“Berbagai inovasi juga terus kita lakukan dalam upaya membangun tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik. Demikian halnya dengan sejumlah penghargaan dan prestasi telah berhasil diraih pada tahun 2023,” Ungkap Junaedi.